Pasukan K9 Siap Jalani Misi Khusus


Pangkalpinang (koranbabel.com) — Direktorat (Dit) Sabhara Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menambah tiga ekor anjing pelacak atau personil K9 yang didatangkan dari Dit Polsatwa Baharkam Mabes Polri.

Ketiganya siap menjalankan misi khusus membantu tugas Kepolisian.

Menurut Direktur Sabhara Polda Babel, Kombes Edy Suryanto bahwa jenis anjing yang didapat pihaknya berupa dua ekor jenis Melanois dan satu ekor jenis Labrador. Masing-masing personil K9 ini memiiki kemampuan yang berbeda-beda, mulai dari melacak narkoba, deteksi umum hingga mendeteksi bahan peledak.

“Kini Dit Sabhara Polda Babel memilliki empat ekor anjing dinas untuk K9, karena ada tambahan tiga ekor dari Mabes Polri. Anjing-anjing ini masih dalam pengawasan para pawang sebab butuh penyesuaian terhadap lingkungan yang baru. Tiap anjing pun hanya memiliki satu pawang saja mengacu pada One Dog, One Police,” jelas Dir-Sabhara.

Ia memaparkan setiap pawang K9 mesti tetap menjaga anjing berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) K9 yang ditentukan, mulai dari kebersihan kandang, pelatihan kemampuan anjing secara rutin sampai dengan menerapkan pola makan para anjing tersebut.

Dit Sabhara Polda Babel pun siap mengerahkan unit Anjing Pelacak K9 Polisi Satwa apabila situasi Pengamanan Objek Vital (Pamobvit) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) keadaannya genting dan darurat.

K9 pun dinilai lebih efektif dalam mengantisipasi keberadaan barang-barang terlarang.‎(jar)

The post Pasukan K9 Siap Jalani Misi Khusus appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment