Polair Hadang Kapal Mulya 7


Pangkalpinang (koranbabel.com) — Ditpolair Polda Bangka Belitung berhasil menggagalkan rencana penyelundupan ratusan pasir timah ke Malaysia, Sabtu (14/11/2015) lalu.

Direktur Ditpolair Polda Bangka Belitung, Kombes Pol Lukas Gunawan melalui Kasi Gakum Ditpolair Polda Bangka Belitung, AKBP Adi Nugraha mengungkapkan pihaknya  berhasil mengamankan satu unit kapal kayu 26 GT (gross ton) bersama seorang nahkoda kapal berinisial Na, warga Tanjung Pinang, Kepri berikut tiga anak buah kapal (ABK).

“Awalnya armada patroli kita mencurigai gerak-gerik kapal di perairan Pulau Tujuh. Ternyata setelah diperiksa, kapal tersebut tanpa SIB (Surat Ijin Berlayar-red) yang sah. Kita interogasi Manives (Daftar Muatan-red) nya ternyata mereka siap mengantarkan timah. Segera kita menggiringnya ke dermaga,” ungkap AKBP Adi.

Setelah diperiksa, polisi menemukan barang bukti diantaranya, Bendera Negara Malaysia dan sejumlah paspor. Sementara itu SIB ternyata sudah kedaluarsa.

“Barang bukti lainnya ditemukan pula manivest yang tertera keterangan 200 kampil pasir timah,” jelas perwira berpangkat dua melati itu.

Sang nahkoda kapal yakni, NA mengaku berlayar dari Tanjung Pinang Kepri dan hendak menuju ke Gudang Pasir, Malaysia.

Meski pihak Ditpolair Polda Bangka Belitung saat itu tak berhasil menemukan barang bukti berupa ratusan kampil pasir timah di dalam kapal tersebut, namun disinyalir kuat ada upaya penyelundupan yang hendak dilakukan nahkoda dan para ABK.

“Setidaknya apa yang kami lakukan adalah sebagai bentuk tindak pencegahan tindak penyelundupan pasir timah dari wilayah Bangka Belitung ini,” tegasnya.

Penyidik menetapkan Na sebagai tersangka  dengan barang bukti Bendera Malaysia dan sejumlah paspor yang semula disembunyikan dibalik kompor. Na pun dikenakan Pasal 323 Undang-Undang (UU) Pelayaran dengan ancaman hukuman 5 tahun denda Rp 600 juta.

Ia menambahkan bahwa patroli tersebut dalam rangka Operasi PETI Menumbing 2015. Dit Polair Polda Babel pun menggelar patroli pada jalur-jalur laut yang dicurigai sering dilintasi kapal-kapal penyelundup timah.‎(jar)

The post Polair Hadang Kapal Mulya 7 appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment