Peringatan HKSN Molor, Tarmizi Sindir Wagub


Sungailiat (koranbabel.com) — Puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diadakan di Kelurahan Kenanga, tepatnya di Masjid Al- Mu’minun Kelurahan Kenanga, Sungailiat-Bangka, Rabu (18/11) pagi kemarin.

Pada kesempatan ini, Bupati Bangka Tarmizi H. Saat mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi bagi pemerintahan Provinsi Kepulauan Babel yang telah memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Bangka sebagai tuan rumah pelaksanaan HKSN tahun ini, “Saya ucapkan terimakasih  kepada pihak Provinsi yang telah memberikan kepercayaan bagi kami untuk menjadi tempat pelaksanaan HKSN ini. Saya juga sangat mengapresiasikan kegiatan ini, karena sangat membantu masyarakat,” ungkap Tarmizi.

Selain itu, menurut Tarmizi kegiatan HKSN ini dapat dicerminkan dan diterapkan bagi seluruh masyarakat, khususnya bagi pihak birokrasi dengan membantu masyarakat, “Di Kabupaten Bangka sendiri akan dilakukan bedah rumah lansia (lanjut usia) sebanyak 16 rumah, yakni 2 di Sinar Baru, 3 di Sinar Jaya, 2 di Srimenanti, dan 9 di keluaran Kudai. Dan kami laporkan juga jalan Kenanga, belum diganti rugi Pak Wagub. Bukannya tidak akan diganti rugi, tapi tunggu tim apresialnya. Dan kita sudah menganggarkan untuk jalan sepanjang 6 kilometer itu dengan dana  ganti rugi sebesar Rp13 Miliar. Dan yang sudah dibayar itu sekitar Rp8 Miliar,” urai Bupati Bangka.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) Bangka Belitung Hidayat Arsani ini sendiri sempat molor, lantaran rombongan Wagub telat tiba di lokasi acara. Bahkan saat memberikan sambutannya, Bupati Bangka Tarmizi H. Saat mengharapkan kepada Wagub beserta rombongan dari Provinsi agar dapat datang tepat waktu.

“Di provinsi ini kelemahannya tidak tepat waktu. Saya sudah menunggu di sini sejak jam 8 (lapan lewat) pak Wakil Gubernur. Jadi saya berharap acara di kabupaten Bangka ini harus tepat waktu, kalau tidak saya tinggal pulang. Saya punya pekerjaan, Pak Kejari juga punya kerjaan, Danlanal juga punya kerjaan. Hari ini saya ada 4 acara, jadi kedepan kita harus berkomitmen 10 (sepuluh) menit sebelum acara sudah siap. Saya tau Pak wagub tidak mau telat, tapi mungkin bagian bawah-bawahnya ini,” sindir Tarmizi.

Mendapat kritikan dari Bupati Bangka, Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Hidayat Arsani langsung memerintahkan seluruh stafnya untuk menerima kritikan tersebut dan diterapkan, “Tolong itu kata-kata Pak Bupati tadi itu diterapkan, karena itu kata-kata yang membangun demi kemajuan negeri ini. Kalau saya, setengah sembilan (08.30) sudah berangkat Pak Bupati. Tapi karena saya tidak pakai Patwal, jadi terkena macet sedikit, dan itu bukan kemauan saya tapi karena keadaan,” ujar Wagub.

 

Program SPI

Menurut Wagub, demi terlaksana pembangunan dan kemajuan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini diperlukan pemimpin yang peduli terhadap masyarakatnya, “Semuanya itu tergantung dari pimpinan, kalau pimpinannya memble ya kita jalan di tempat. Dan saya pribadi menerapkan prinsip atau program SPI. S itu sehat, P itu Pintar dan I itu Iman. Dan saya ucapkan Pak Tarmizi selalu sehat dan mudah-mudah dapat kedua kalinya memimpin Bangka,” ujar Wagub.

Wagub juga menganjurkan kepada panita pelaksana HKSN dan Bupati Bangka untuk kedepannya dalam pelaksana HKSN agar dalam memberikan bantuan kepada masyarakat, “Kedepan Kalau bisa Pak Bupati, kita memberikan bantuan kepada masyarakat itu berupa pancing. Hal ini agar masyarakat kita tidak tergantung terhadap bantuan. Artinya bantuan juga dapat dilakukan pendidikan, pelajaran atau memberi ilmu, sehingga bantuan itu setelah diserahkan tidak langsung habis begitu saja,” harap Wagub sembari meminta agar Bupati Bangka, sesegera mungkin melakukan pencairan dana ganti rugi lahan masyarakat Kenanga yang terkena pelebaran jalan.

Pada acara ini juga dilakukan pembagian bantuan berupa 70 paket sembako bagi 30 warga kelurahan Kenanga, 20 warga Parit Padang dan 20 paket sembako untuk warga kelurahan Lubuk Kelik.

Selain itu juga dilakukan penyerahan asistensi bansos dari Dinkesos Provinsi Kepulauan Babel, berupa bantuan dukungan pendampingan dan lembaga (Bidang Resos) sebesar Rp200 ribu untuk 160 anak, dan 6 Taman Anak Sejahtera (TAS) dengan total Rp1.92.000.000. Penyerahan bantuan asistensi sosial tabungan anak terlantar dalam panti asuhan kepada 16 lembaga kesejahteraan sosial anak dengan total Rp600 juta, penyerahan bahan makanan bagi 300 lansia. Penyerahan bantuan kepada lanjut usia berupa tongkat tripod dan lain sebagainya. (ian)

The post Peringatan HKSN Molor, Tarmizi Sindir Wagub appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment