DPR RI Awasi Pertambangan Timah Babel


Pangkalpinnag (koranbabel.com) — Kebocoran pasir timah dari aktivitas pertambangan timah illegal, dituding menjadi penyebab berkurangnya pendapatan nasional. Mengingat besarnya hasil pasir timah yang berasal dari aktivitas pertambangan illegal lebih dibesar ketimbang hasil dari PT. Timah. Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Satya Widya Yudha.

“Ini akibat penyerobotan yang dilakukan oleh aktivitas tambang illegal, sehingga menyebabkan berkurangnya pendapatan nasional kita. Pajak tidak dibayar, royalti tidak dibayar. Disisi lain jumlah tonase hasil timah illegal luar biasa besar dibandingkan PT Timah itu sendiri,” ujarnya, usai melakukan pertemuan dengan Gubernur Bangka Belitung H.Rustam Effendi beserta seluruh unsur SKPD yang ada di lingkungan pemprov Babel.

Ia mengatakan jika aktivitas pertambangan illegal terus saja dibiarkan maka sama saja membodohi masyarakat kita sendiri, “Kalau terus berlangsung pertambangan illegal ini, sama saja kita membodohi masyarakat kita sendiri,” katanya.

Akan tetapi, Ia mengingatkan bahwa pertambangan rakyat bukan untuk ditiadakan. Tetapi bagaimana menjadikan pertambangan rakyat ini menjadi pertambangan legal.‎ Sehingga dapat mensejahterakan masyarakat di daerah itu sendiri.

“Perlu diingat, bukan berarti pertambangan rakyat ditiadakan, namun bagaimana kita melakukan pembinaan terhadap pertambangan ini agar dari illegal mejadi legal. Sehingga masyarakat sejahtera,” tukasnya.

Ia pun menuntut keseriusan dari pemerintahan Jokowi untuk segera menemukan formulasi yang tepat, agar pertambangan yang illegal ini menjadi legal sesuai kaidah aturan yang berlaku, “Kita meminta pemerintah Jokowi untuk serius menata pertambangan timah di Babel ini,”‎ imbuhnya.

Sebelumnya sudah dilakukan pertemuan antara pihak kementerian ESDM serta stakeholder terkait dalam mengatur penataan perizinan pertambangan timah di Babel. Satya mengaku belum menerima hasil pertemuan tersebut. Ia  mengatakan Justru kunjungan kerja yang ‎dilakukan komisi VII ini untuk melihat secara langsung kondisi di lapangannya.

“Justru kita melakukan kunjungan kerja ini sebelum menerima hasil laporan dari pertemuan sebelumnya. Inilah fungsi pengawasan yang dilakukan oleh DPR RI,” katanya

Dirinya pun menegaskan sangat komitmen dalam mengawasi penataan perizinan pertambangan timah di Babel, “Komisi VI komit dalam melakukan pengawasan terhadap pertambangan timah di Babel,” tandasnya. (jar)

The post DPR RI Awasi Pertambangan Timah Babel appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment