Tingkat Hunian Hotel Tumbuh


Pangkalpinang (koranbabel.com) — Ditunjuknya Provinsi Bangka Belitung sebagai tuan rumah penyelenggara Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) IX Sumatera IX 2015 memberikan dampak yang positif bagi pertumbuhan tingkat hunian hotel.

Tercatat ada 26 hotel di Pangkalpinang, lima hotel di Sungailiat dan satu hotel di  Tanjung Pandan yang dipesan untuk memfasilitasi akomodasi peserta Porwil yang datang dari sepuluh provinsi se-Sumatera.

Ketua  Bidang Akomodasi dan Konsumsi, Hidaryati didampingi Eti Nurhayati kepada wartawan mengatakan sebagian besar hotel di Pangkalpinang baik kategori bintang satu maupun bintang lima ikut terlibat dalam mendukung pelaksanaan Porwil IX Sumatera 2015.

Adapun hotel di Pangkalpinang yang digunakan untuk akomodasi Porwil yakni Edotel, Wisma 88, Novotel, Hotel Puncak, Grand Millenium, Sola Gracia, Sun Hotel, Grand Mutiara, Grand Vella, Bumi Asih, Mes Wongso, Damai Inn, Alhuriah, Hotel Menumbing, Centrum, Jati Wisata, Griya Tirta, Bangka City Hotel, Santhika, Hotel Aksi, Hotel Sinlu, Puri 56, Hotel Mitra, Wisma Jaya, dan Soll Marina.

Sementara itu  lima hotel di Sungailiat yang digunakan untuk keperluan Porwil yakni Hotel Parai, Novila, Sunjaya, Tanjung Pesona, Citra. Sedangkan satu hotel lagi di Tanjung Pandan Belitung, yakni Hotel Bahamas.

“Penempatan hotel bagi kontingen cabor Porwil IX Sumatera tidak dibedakan, pengaturannya mengambil jarak terdekat antara hotel dengan venue atau lokasi pertandingan. Sementara untuk Novotel khusus untuk tamu VIP,” terang Eti Nurhayati.

Eti menambahkan pihaknya menyerahkan tanggung jawab kepada masing-masing hotel untuk menyediakan makanan empat sehat lima sempurna sesuai dengan standar yang telah  ditetapkan dinas kesehatan.

Eti mengungkapkan anggaran untuk penginapan peserta Porwil di hotel-hotel mencapai Rp 13 miliar. Hotel yang ikut berpartisipasi menggunakan tarif khusus untuk agenda penting ini.

“Memang ada beberapa hotel bintang tiga yang tidak terisi penuh seperti Soll Marina, Grand Sabrina dan Santhika karena mereka sudah ada MoU dengan pihak swasta lain. Untuk konsumsi diurus oleh pihak hotel karena kalau diserahkan katering takut gak maksimal, jumlah kontingen terlampau banyak. Kita pun menerapkan menu seragam bagi kontingen di semua hotel sehingga tidak ada kecemburuan sosial. Untuk makanan pihak hotel pun wajib mengirimkan foto makanan saat diantarkan ke venue melalui email ke panitia,” jelas Eti.

Terpisah CEO Bangka City Hotel, Sumiati mengakui ajang Porwil IX Sumatera turut mempengaruhi tingkat hunian kamar hotel. Setidaknya terdapat 37 kamar bertipe superior disediakan untuk memfasiltasi sebanyak 74 orang kontingen basket asal Jambi, Bengkulu, dan Riau.

Menurutnya acara yang melibatkan tamu dari luar daerah menjadi kabar gembira bagi perhotelan di Bangka Balitung.(dhi)

The post Tingkat Hunian Hotel Tumbuh appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment