Kapal Miring Bergemuruh, Diduga Truk Besar di Dalamnya Terguncang


Surabaya,koranbabel — Banyak penumpang mendengar suara gemuruh keras dan merasakan getaran hebat sebelum KM Wihan Sejahtera miring dan akhirnya tenggelam. Belum dapat dipastikan apa yang membuat kapal menjadi seperti itu. Tetapi syahbandar punya dugaannya.

“Kami menduga ada muatan yang geser yang membuat kapal menjadi miring,” kata Syahbandar Utama Tanjung Perak Rudiana kepada wartawan di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Senin (16/11/2015).

Yang dimaksud Rudiana dengan muatan adalah kendaraan truk besar yang diangkut kapal. Truk tersebut diduga bergeser dari tempatnya sehingga menghantam dinding kapal yang pada akhirnya membuat kapal miring lalu tenggelam.

“Kalau bocor sepertinya iya, nggak mungkin tenggelam kalau tidak bocor,” ujar Rudiana.

Rudiana menduga ada salah penataan kendaraan yang masuk ke kapal. Salah penataan bukan berarti salah menata letak kendaraan, tetapi lebih kepada salah menata berat atau tonase kendaraan tidak sesuai dengan tempatnya.

“Kemungkinan salah penataan,” lanjut Rudiana.

Mengenai laiknya kapal berlayar, Rudiana mengatakan bahwa KM Wihan Sejahtera laik layar. Pada tanggal 4 November 2015, dilakukan pemeriksaan dan hasil pemeriksaan baik. (detik)

The post Kapal Miring Bergemuruh, Diduga Truk Besar di Dalamnya Terguncang appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment