Api Obor Porwil Turun dari Menumbing


Muntok (koranbabel.com) — Upacara penyalaan api obor Pekan Olah Raga Wilayah (PORWIL) ke-IX  Provinsi Kepulauan  Bangka Belitung digelar di Bukit Giri Sasana Menumbing, Muntok Bangka Barat, Rabu (11/11) sekitar pukul 09.00 WIB.

Upacara yang digelar dengan inspektur upacara  Waka Polres Bangka Barat Kompol Bayu Wijanarko berlangsung khidmat kendati dalam cuaca mendung. Turut hadir dalam acara ini Sekda  Bangka Barat Januar, pejabat di lingkungan Pemkab Bangka Barat serta Ketua KONI Bangka Barat Arlan Rasyid.

Selanjutnya api obor dibawa oleh sepuluh anggota Kirab Obor Porwil IX dengan menggunakan mobil pikap menuju rumah dinas Bupati Bangka Barat.

Api Obor Porwil sendiri dibawa oleh seorang atlet yakni Febi Febriansyah (16) siswa Kelas 11 MIPA SMAN 1 Muntok. Febi juga bertindak sebagai ketua regu. Selain itu mereka juga dikawal oleh beberapa pegawai di lingkungan Pemkab Bangka Barat.

Setelah dari Bukit Giri Sasana Menumbing, Api Obor Porwil melintasi rute Kampung Air Samak, Kampung Keranggan, Kampung Baru, Pasar Muntok dan menuju rumah dinas Bupati Bangka Barat dengan jarak tempuh satu jam. Rombongan juga dimeriahkan oleh iring-iringan komunitas Vespa.

Mulai dari kawasan Kampung Baru, api obor sudah dibawa lari marathon oleh Febi didampingi sang pelatih Serda Herysa, anggota Koramil Muntok serta Kapten (Inf) Ihsan, Wadanramil Muntok dan beberapa personil TNI AD.

Setiba di rumah dinas Bupati Bangka Barat, api obor disambut dengan drum band serta Tarian  Adat Melayu.

Dalam upacara serah terima, Api Obor Porwil diterima langsung oleh Sekda Bangka Barat Januar selaku  tuan rumah. Sementara itu upacara serah terima dipimpin Danton 1 Kipan B Muntok Letda (Inf) Jonter Manalu.

Usai disemayamkan di rumah dinas Bupati Bangka Barat selanjutnya Api Obor Porwil akan diserahkan ke Kabupaten Bangka sekitar pukul 13.00 WIB. Dalam perjalanannya menuju Kabupaten Bangka, api obor akan dikawal Sat Lantas Polres Bangka, sejumlah ambulance baik dari Dinkes Bangka Barat maupun Korem 045 Gaya.

Terpisah Ketua PB Pekan Olahraga Wilayah (Porwil), Kolonel (Inf) Murlim Mariadi, mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mendoakan, agar pagelaran Porwil IX tahun 2015 pada tanggal 13 sampai 21 November berjalan sukses dan lancar.

Salah satunya cara, kata Danrem 045/Garuda Jaya ini, dengan membaca Yasinan bersama di seluruh masjid yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini.

“Insyallah, dengan doa bersama kita diberikan kemudahan oleh Tuhan, untuk menyukseskan Porwil di Babel ini dan para atlet kita bisa meraih prestasi yang membanggakan. Untuk itu kita minta agar seluruh masjid mengumumkan untuk menggelar Yasinan bersama,” ungkap, Murlim.

Dia juga mengajak, seluruh masyarakat Babel, Pangkalpinang khususnya untuk beramai-ramai datang ke Stadion Depati guna menyaksikan acara pembukaan dan penutupan maupun pada saat dilangsungkannya cabang olahraga di stadion kebanggaan masyarakat Pangkalpinang itu.

Namun dia berpesan, agar masyarakat Babel, senantiasa menjaga kesopanannya, agar meninggalkan kesan yang baik di hati para kontingen dari sembilan daerah lainnya.

Tak lupa pula ia menegaskan, agar para atlet Babel untuk bermain dengan menjunjung tinggi sportifitas.

“Jangan karena mengejar target, lalu kita menghalalkan segala cara, saya tidak mau itu terjadi,” imbuhnya.

Dia menambahkan, saat ini semua persiapan sudah tidak masalah lagi, “Persiapan kita sudah oke, tinggal menunggu hari H-nya. Mari kita sama-sama sukseskan ajang empat tahunan ini, karena setelah ini 40 tahun lagi kita baru bisa melaksanakannya kembali disini (Babel,-red),” tukas Murlim.(*/tim/to)

The post Api Obor Porwil Turun dari Menumbing appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment