12 Orang Pantau Pilkada Bateng


Koba (koranbabel.com) — 12 orang dari kalangan profesional terlibat dalam kegiatan pemantau pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bangka Tengah (Bateng) tahun 2015. Mereka merupakan mahasiswa dan dosen Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat Provinsi Bangka Belitung.

Komisioner KPU Bateng, Hendra Sinaga mengatakan Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat merupakan salah satu pendaftar yang lulus dan terakreditasi melakukan pemantauan. Mereka mendaftarkan diri bersamaan dengaan LSM, OKP dan organisasi kemasyarakatan wilayah Babel yang dibuka pada tanggal 1 Mei hingga 2 November 2015 kemarin oleh pihak KPU Bateng.

“Jumlah mereka yang memantau pelaksanaan Pilkada Bateng saat ini sebanyak 12 orang. Masing-masing kecamatan terdapat 2 orang pemantau,” kata Hendra kepada KORAN BABEL, Jum’at (13/11) lalu.

Lanjut Hendra, perekrutan lembaga pemantu merupakan bagian dari terselenggaranya pemilu yang demokratis, berintegritas dan berkualitas membutuhkan sumbangan dari pemantau dan terbukanya kegiatan pemantauan.

“Lembaga pemantau berpartisipasi melakukan pemantauan sejak awal tahapan hingga selesainya tahapan Pilkada Bateng. Anggota Lembaga pemantau semuanya merupakan kalangan profesional yang memiliki keinginan tinggi untuk melakukan pemantauan,” kata Hendra.

“Saat ini mereka telah menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sebagai lembaga pemantau,” tambahnya.

Sesuai dengan Undang-Unndang Nomor 8 tahun 2015 tentang pemantau pemilu, sayarat pokok bersifat independent dan mempunyai sumber dana yang jelas untuk oprasional mereka sendiri, serta terdaftar dan terakreditasi oleh KPU Bateng, “Kamipun mengharapkan adanya transparansi dalam tahapan pelaksanaan Pilkada Bateng 2015,” ujarnya.

Menurutnya, tugas lembaga pemantau hanya memantau, lalu hasil pantauan mereka bisa secara tertulis atau karya ilmiah yang diserahkan ke KPU Bateng, “lembaga pemantau yang dibentuk oleh KPU Bateng tersebut tidak digaji oleh KPU. Dana oprasional diambil dari biaya organisasi mereka masing-masing. Mereka yang melakukan pemantauan ini memiliki Id card khusus dari KPU Bateng,” pungkasnya. (ron)

The post 12 Orang Pantau Pilkada Bateng appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment