Intelijen Sebut Bom dengan Pengatur Waktu Jatuhkan Pesawat Maskapai Rusia


Kairo,koranbabel — Penyelidikan jatuhnya pesawat maskapai Rusia, Metrojet, mengungkap informasi intelijen soal timer bomb atau bom dengan pengatur waktu. Disebut bom itu diatur untuk meledak dalam rentang waktu 2 jam.

Demikian seperti disampaikan sumber yang memahami penyelidikan seperti dikutip Fox News dan dilansir media Rusia, Sputnik, Jumat (13/11/2015). Namun tidak diketahui pasti apakah informasi itu datang dari sadapan komunikasi antara kelompok militan di Sinai atau dari bukti fisik di lapangan.

Sumber kedua, yang juga enggan disebut namanya, menyebut penyidik tengah mempertimbangkan teori bahwa bom ditempatkan di lokasi atau di dekat saluran bahan bakar atau di dekat mesin pesawat, sehingga bahan bakar semakin memperparah ledakan.

Laporan Fox News itu menyebut, teori ini akan menjelaskan kurangnya residu peledak pada puing-puing pesawat.

Pesawat jenis Airbus A-321 yang membawa 224 penumpang dan awak jatuh selang 23 menit usai lepas landas dari Bandara Sharm el-Sheikh, Sinai pada 31 Oktober lalu. Dugaan kuat, seperti disebut otoritas Amerika Serikat dan Inggris, menyebut pesawat jatuh akibat bom.

Diyakini bom itu diselundupkan oleh seseorang yang memiliki akses ke pesawat di Bandara Sharm el-Sheikh. AS dan Inggris juga kompak menyebut dugaan keterlibatan militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dan afiliasinya dalam insiden ini.

Dengan fakta pesawat jatuh setelah 23 menit mengudara, menurut sumber tersebut, penyidik kini tengah fokus pada kerangka waktu 90 menit sebelum pesawat lepas landas dan memeriksa siapa saja yang memiliki akses ke pesawat tersebut dalam kerangka waktu itu.

Terkait penyelidikan ini, tim penyidik dilaporkan telah menginterogasi sejumlah staf bandara serta beberapa pekerja hotel yang sempat ditinggali para penumpang. Rekaman kamera keamanan bandara juga ikut diperiksa dan dianalisis untuk mencari sosok maupun pergerakan mencurigakan.
(detik)

The post Intelijen Sebut Bom dengan Pengatur Waktu Jatuhkan Pesawat Maskapai Rusia appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment