RI akan Berguru ke AS untuk Dongkrak Penerimaan Pajak


Jakarta,koranbabel — Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro bertemu dengan Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS), Jack Lew, di sela-sela KTT G-20, di Antalya, Turki. Salah satu hasil pertemuan itu adalah pemerintah akan belajar cara meningkatkan pajak dari IRS (Internal Revenue Service) atau ‘Direktorat Jenderal Pajak AS’.

IRS adalah salah satu biro yang berada di bawah US Department of Treasury atau Kementerian Keuangan AS.

“Hasil pertemuan bilateral dengan Menkeu AS, dimana disepakati kami akan belajar dari AS bagaimana penguatan IRS mendorong peningkatan penerimaan pajak,” jelas Bambang melalui teleconference dari Turki kepada wartawan di Jakarta, Selasa (17/11/2015).

Kerjasama dengan IRS ini, kata Bambang, dilakukan agar Direktorat Jenderal Pajak (DJP) bisa sekuat IRS dalam strategi mendongkrak penerimaan pajak.

“Jadi tentunya pihak Kemenkeu menginginkan agar DJP di masa depan bisa sekuat IRS, dan meningkatkan kepatuhan pajak dari sisi wajib pajaknya,” tutur Bambang.

Meski demikian, lanjut Bambang, belum ada kerjasama yang mengikat antara DJP dengan IRS tersebut. Pihaknya sendiri nantinya akan berusaha mengadopsi sistem yang dipakai IRS dalam menghimpun pajak.

“Kita akan buat semacam kerjasama, tidak perlu MoU karena Treasury Department US itu memang ingin memberikan semacam dukungan kepada negara-negara lain termasuk Indonesia untuk memperkuat kapasitas. Salah satunya yang kita pakai adalah mempelajari bagaimana IRS itu bekerja, dan bagaimana nanti sistem yang sudah jalan di IRS ini bisa jalan di Indonesia. Nantinya ada pertemuan bilateral dan diskusi teknis mengenai itu,” terang Bambang.

(detik)

The post RI akan Berguru ke AS untuk Dongkrak Penerimaan Pajak appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment