Pemkot Gelar Upacara Peringati Hari Pahlawan


Pangkalpinang (koranbabel.com) — Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang menggelar upacara memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November, kegiatan tersebut dirangkai dalam beberapa kegiatan dengan penuh makna bagi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Rangkaian acara tersebut dimulai dari Upacara Bendera pukul 07.30 di halaman Kantor Walikota Pangkalpinang, dilanjutkan Tabur Bunga/Ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pawitralaya, Pangkalpinang.

Wakil Walikota Pangkalpinang M.Sopian yang menjadi Inspektur Upacara membaca amanat Menteri Sosial RI pada Hari Pahlawan 10 November 2015 mengatakan, peringatan Hari Pahlawan tahun ini memiliki makna khusus karena bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-70, suatu usia kemerdekaan yang cukup matang untuk ukuran sebagai bangsa yang dewasa dalam bernegara.

“Peringatan Hari Pahlawan dapat dijadikan sebagai cermin atau refleksi tentang pengorbanan, keteladanan dan keteguhan untuk menggapai harapan masa depan dan mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera dan juga sebagai momentum dalam rangka menumbuh kembangkan nilai persatuan, kepahlawanan, keperintisan dan kesetiakawanan sosial,” kata Sopian, Selasa (10/11).

Lanjutnya, Hari Pahlawan tahun 2015 ini mengambil tema “Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwa Ragaku”.

Makna dari tema tersebut katanya, untuk menginternalisasikan jiwa semua anak bangsa agar nilai kepahlawanan terpatri dan merasuk ke sanubari yang paling dalam untuk meneladani sifat kepahlawanan yaitu rela berkorban, tanpa pamrih, bekerja keras dan berani demi kebenaran serta patriotik.

“Langkah besar dan semangat kepahlawanan para pendiri bangsa itulah yang perlu di diseminasikan kepada seluruh rakyat indonesia, untuk memberikan penguatan semangat dalam menghadapi setiap tantangan dan ujian yang dihadapi negeri ini,” jelasnya.

Menurutnya, yang masih membaakan amanat Memsos RI, peringatan Hari Pahlawan ini difokuskan untuk membangun kesadaran dan ingatan kolektif seluruh bangsa indonesia sebagai representasi pengakuan dan penghargaan dari nilai kejuangan untuk diimplementasikan dalam kehidupan bernegara pada waktu yang akan datang.

“Dengan peringatan hari Pahlawan ini mari kita renungkan langkah besar yang telah dilakukan para pahlawan-pahlawan kita terdahulu, mereka telah mewariskan lima norma dan nilai-nilai yang kemudian menjadi Pancasila sebagai dasar negara, ideologi pemersatu bangsa dan juga sebagai spirit kegotong royongan dalam bermasyarakat dan bernegara,” tukasnya.

Sementara itu, walikota Pangkalpinang M Irwansyah berziarah ke taman makam Pahlawan Pawitralaya, Pangkalpinang, dan membacakan yasin, usai upacara digelar, “Semoga di hari pahlawan ini kita terus bersatu padu mempertahankan NKRI ini, dan membangun bangsa agar lebih baik lagi,” katanya. (to)

The post Pemkot Gelar Upacara Peringati Hari Pahlawan appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment