Iptu Ayu: Kita tak Pernah Minta Uang


Sungailiat (koranbabel.com) —  Aparat Polres Bangka kembali menggelar Operasi Zebra Menumbing 2015 di Jalan Muhidin Pasar Sungailiat, Sabtu (31/10) malam.

Razia yang digelar sekitar pukul 21.30 WIB dipimpin Kasubag Humas Polres Bangka Iptu  Ayu Kusuma Ningrum ini berhasil menjaring  16 kendaraan yang tidak dilengkapi kelengkapan kendaraan. Satu persatu kendaraan yang melintas langsung diperiksa oleh petugas, seperti STNK, SIM, serta kelengkapan lainnya yakni spion dan sebagainya.

Berbagai alasan yang diutarakan pengendara ketika terjaring razia. Para pengendara yang tidak memekai helm, kepada petugas mengaku lantaran jarak rumah mereka dekat dengan tujuan. Namun ada pula pengendara yang dikenakan tilang oleh petugas malah memarahi petugas.

“Ku ni orang Pangkal, ku nek ke Nangnung ke rumah ayukku, STNK e di Pangkal, ku dak de duit e nek ngasih polisi,” ungkap seorang pengendara.

Mendengar perkataan tersebut, Iptu Ayu Kusuma Ningrum yang meminpin razia langsung menjelaskan kepada pengendara tesebut.

“Maaf ya bu’, kita tak pernah minta uang, kita ini sedang Operasi Zebra, tolong hargai kami. Kalau ibu tidak bisa menunjukkan surat-surat kelengkapan kendaraannya, ya kendaraan ibu terpaksa kami tilang, kalau ibu mau dihargai, tolong hargai anggota kita yang sedang bertugas di lapangan,” terang Iptu Ayu.

Razia kali ini berhasil menggiring empat unit kendaraan ke Mapolres Bangka, lantaran sang pemilik tak bisa menunjukan kelengkapan kendaraannya.

55 Kendaraan  Ditilang

Razia yang sama juga digelar aparat Polres Pangkalpinang. Dalam dua hari razia yakni Sabtu (31/10) dan Minggu (1/11), sebanyak 55 kendaraan yang berhasil ditilang .

Pada razia yang digelar di Jalan Soekarno Hatta, Sabtu (31/10), polisi mengeluarkan tilangan berupa 17 STNK, 5 SIM roda dua dan 4 SIM roda empat.

Pada razia Minggu (1/11) pagi di tempatnya sama, sebanyak 29 surat tilang dikeluarkan, berupa STNK 18,  SIM roda empat 8 dan SIM dua 3.

“Razia ini masih dalam rangka Operasi Zebra Menumbing untuk penertiban kendaraan yang berlalu lalang di Kota Pangkalpinang,” ujar Kasat Lantas Polres Pangkalpinang, AKP Adnan Wahyu Kashogi.

Razia tersebut, kata Adnan sengaja dilaksanakan di Jalan Soekarno Hatta, lantaran dianggap ramai pengendara yang melintas.

“Untuk kawasan sekitar itu memang kawasan ramai. Para pengendara sering kali terlihat dengan santai berlalu lalang tanpa atribut berkendara yang lengkap. Kita hanya ingin masyarakat tertib berlalu lintas. Walau kita sering melakukan razia di sini, buktinya masih ada yang terjaring razia,” kata Adnan.

Setiap pengendara yang tidak menggunakan helm dan  juga kendaraan yang tidak memiliki atribut lengkap seperti spion langsung diberhentikan aparat.

“Kita tidak pandang bulu. Yang tidak pakai helm, kita stop, kendaraan diamankan. Helm juga kan untuk keselematan pengendara,” tegas Adnan.

Barang-barang yang diamankan tersebut, kata Adnan sebagai bukti sita jaminan untuk ditebus apabila pelanggar sudah mengikuti persidangan dan membayar denda tilang.(ian/to)

The post Iptu Ayu: Kita tak Pernah Minta Uang appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment