Hujan Tak Pengaruhi Kebakaran Hutan


Koba (koranbabel.com) — Kendati hujan turun beberapa hari belakang, ternyata api pun tidak ada komprominya selesaikan tugasnya membumihanguskan hutan. Peristiwa kebakaran semak belukar dan hutan, pada Selasa (3/11) kembali terjadi di dua titik berbeda wilayah kabupaten Bangka Tengah (Bateng), yakni hutan desa Namang kecamatan Namang dan area eks perkantoran PT.Koba Tin.

Kepala BPBKesbangpol Bateng, Kaharudin M,Si mengatakan peristiwa kebakaran hutan Namang terjadi sekitar pukul 09.00 wib, sementara siangnya sekitar pukul 14.00 wib terjadi diseputaran eks kantor PT.Koba tin, “Tim reaksi cepat bersama petugas pemadam kebakaran sudah turun ke lokasi,” kata kaharudin kepada KORAN BABEL, Selasa (3/11).

Titik api berada di hutan yang masih kering akibat kemarau panjang beberapa bulan belakang, “Hujan belakangan yang mengguyuri Bateng tidak mempengaruhi terjadinya kebakaran hutan. Air hujan hanya membasahi sedikit tanah dan dedaunan yang sudah kering berbulan-bulan,” katanya.

Pada kesempatan ini, ia mengajak masyarakat untuk lebih sadar akan keberadaan lingkungan sekitar, terutama hutan, “Jika melihat titik api yang masih kecil, segeralah dipadamkan jangan menunggu membesar. Lebih baik mencegah daripada mengobati,” ungkapnya.

Sementara itu, warga koba Samsi (40) meminta agar Pemerintah Bateng memperbanyak fasilitas penunjang kegiatan evakuasi bencana alam. Jangan sampai pelaksanaan evakuasi terhambat, karena minimnya fasilitas pendukung evakuasi itu sendiri.

“Apalagi sudah kemarau panjang ini akan musim hujan. Nah, seperti tahun sebelumnya ada beberapa titik rawan banjir, harus kita pikirkan dari sekarang,” kata Samsi. (ron)

The post Hujan Tak Pengaruhi Kebakaran Hutan appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment