Delapan Rumah Nyaris Ambruk Dihantam Abrasi


Koba (koranbabel.com) — Akibat abrasi pantai di seputaran desa Penyak Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), mengakibatkan setidaknya 8 rumah warga terancam ambruk bahkan 2 rumah diantaranya sebagian telah ambruk.

Hantaman ombak laut yang kuat di seputaran desa Penyak tepatnya diseputaran seberang kantor desa saat ini, berakibat fatal bagi rumah-rumah warga yang berada di pinggiran pesisir pantai. Dan kini, setidaknya ada 8 rumah warga yang terancam ambruk dan tentunya dapat membahayakan keselamatan penghuni di dalamnya sewaktu-waktu dapat terjadi.

Kadin PU Bateng, H. Hassan Basri, SH, ST membenarkan, bahwa setidaknya memang ada 8 rumah warga desa Penyak yang terancam ambruk akibat abrasi pantai, “Di Penyak saat ini, memang ada 8 rumah hampir ambruk dan 2 diantaranya terparah akibat abrasi,” ujar H. Hassan kepada KORAN BABEL, Rabu (4/11).

Karena kondisi di lapangan ini sudah menyangkut keselamatan masyarakat disana, maka pihaknya telah menyampaikan dan berkoordinasi dengan Penjabat (Pj) Bupati Bateng, pihak Pemprov Kepulauan Bangka Belitung.

“Sekitar jarak 100 meter dari rumah warga yang terkena dampak abrasi tersebut, ada sekitar 30 buah beton kubus sebagai penahan gelombangyang dan merupakan inventarisir barang Pemprov Babel,” imbuhnya.

Pihaknya sendiri, ujar Hassan, telah menyurati Gubernur Babel yang berisikan usulan penggeseran barang inventarisir Pemprov Babel dalam bentuk kubus-kubus beton agar hantaman gelombang tidak langsung menghantam ke pemukiman warga.

“Bahkan hari ini (Rabu-red), kita menggelar rapat dengan stake holder terkait untuk pemindahan atau penggeseran aset Pemprov Babel berupa balok beton untuk penahan abrasi lebih optimal. Namun karena aset itu milik Pemprov Babel, maka kita harus berkoordinasi dan mengusulkan,” tukasnya.

Selain menyampaikan usulan ke Pemprov Babel dalam hal ini pihak PU Babel, bahkan pihaknya bersama stake holders terkait kembali meninjau lokasi, rencananya bersama pihak Pemprov demi kemaslahatan masyarakat.

“Karena tingkat abrasinya pantainya sudah memprihatinkan, maka kita usulkan wacana solusi ke Pemprov Babel dan kalau disetujui  lebih bagus namun kalau tidak maka kita akan mencari solusi lainnya,”pungkasnya.(ron)

The post Delapan Rumah Nyaris Ambruk Dihantam Abrasi appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment