Berikan Informasi Yang Benar dan Baik ke Publik


Koba(koranbabel.com) — Guna mengetahui cara meningkatkan koordinasi, sinkronisasi komunikasi dan kerjasama antara Aparatur pemerintah dengan mitra kerja. Para awak media yang biasa melakukan peliputan di wilayah kabupaten Bangka Tengah (Bateng) bersama Pegawai Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokoler Sekretariat Daerah (Setda) Bateng menyambangi Bakohumas Kemenkominfo RI serta Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara RI di Jakarta.

Pantauan KORAN BABEL, Rabu (4/11) di Kemenkominfo RI, para awak media bersama staf humas dan protokoler Setda Bateng disambut hangat oleh kasubdid pemerintahan dan lembaga negara, Katmi. Disana katmi memaparkan banyak cara berkoordinasi yang baik antara pemerintah khususnya humas dengan mitranya yakni media massa.

“Salah satu koordinasi yang baik, kami rutin memberikan semua informasi berkaitan dengan kegiatan pemerintah. Kamipun tidak sungkan mengundang secara tertulis maupun lisan, agar para awak media yang biasa melakukan peliputan bisa menyajikan informasi ke publik,” kata Katmi kepada KORAN BABEL.

“Tugas pokok dan fungsi kita di lembaga pemerintah, tidak lain berpartisipasi melakukan pembangunan dengan cara memberikan informasi yang baik dan benar ke publik sehingga publikpun mengetahui bahwa Indonesia terus berbenah,” katanya.

Salah satu program Bakohumas Kemekominfo RI, saat ini yakni melaksanakan kegiatan rutin temu bakohumas dan komunitas tingkat nasional bersama forum bakohumas, pemeran pelayanan informasi dan komunikasi (bakohumas expo), dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan Anugerah Media Humas (AMH) di kota Surabaya Jawa timur pada tanggal 17 hingga 19 November 2015, “Semua perwakilan humas se Indonesia akan hadir, begitu juga dengan perwakilan mitra kerja humas,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga akan memberikan penghargaan Karya Media Humas yang telah dinilai oleh tim independen pada tahun 2015. Penghargaan diberikan dalam bentuk piala dan piagam. Kegiatan inipun telah dilakukan selama 10 tahun, sejak tahun 2006 lalu, “Penghargaan tersebut diberikan guna memotivasi humas se Indonesia untuk lebih giat lagi melakukan koordinasi dan komunikasi serta menyebarluaskan informasi ke publik seluas-luasnya,” ujarnya.

Temu Bakohumas tersebut juga merupakan rangkaian kegiatan mendukung implementasi Inpres nomor 9 tahun 2015 tentang pengelolaan informasi dan  komunikasi publik Kemenkominfo RI. Tema yang diangkat, yakni Pelaksanaan Goverment Public Relation(GPR) melalui humas dan komunitas menuju perepataan revolusi mental untuk indonesia hebat, “Semakin banyak kita melakukan kegiatan mengenai kehumasan, kita berharap semakin luas pula penyebaran informasi publiknya oleh mitra kerja,” pungkasnya.

Sementara, di kantor LKBN Antara, awak media bersama staf humas dan protokol Setda Bateng disambut langsung oleh pimpinan masing-masing divisi yang terdiri dari divisi Antara online, TV dan wartawan foto. Oleh pihak LKBN Antara, rombongan sempat diajak melihat-lihat studio siaran Antara TV dan ruangan redaksi lainnya. Perwakilan rombongan diwakili Listiya Anindita sempat menerima cindera mata berupa buku yang ditulis langsung oleh LKBN Antara.

Listiya Anindita mengatakan kunjungan dilakukan pihaknya kali ini dalam rangka mengetahui lebih banyak akan cara koordinasi dengan mitra kerja secara baik dan benar, “Pada kunjungan tersebut, kami mendapat banyak masukan. Kedepan akan kita implementasikan di Bateng,” katanya.

Masukan penting lainnya, seperti Pers room hingga kerja sama melalui anggaran sesuai kemampuanpun harus diimplementasikan, “Berangsur akan kita laksanakan,” ungkapnya.

Disini juga pihaknya mendapatkan informasi bahwa pihak kemenkominfo RI rutin melaksanakan temu Bakohumas. Sementara pihak Pemkab Bateng sendiri belum pernah sekalipun menghadirinya. Padahal, karya tulis atau karya media lainnya di pemkab bateng sudah sangat banyak, “Kamipun akan sampaikan ke pimpinan, agar tahun depan kita mengikuti lomba penilaian karya media humas se Indonesia,” pungkasnya. (ron)

The post Berikan Informasi Yang Benar dan Baik ke Publik appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment