Basel Bagikan 320 Bibit Lada Gratis ke 9 Poktan


Toboali (koranbabel.com) — Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan terus mengembangkan sektor perkebunan lada putih di Kabupaten setempat. Tahun ini, sebanyak 320 ribu bibit lada akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat petani lada.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Bangka Selatan, Winudrin mengutarakan, ratusan  ribu bibit lada yang disiapkan pemerintah itu akan dibagikan kepada kelompok tani,
“Ada sembilan kelompok tani yang sudah kita verifikasi dan akan mendapat bantuan bibit lada, kelompok tani itu tersebut tersebar dibeberapa kecamatan,” ujar Winurdin.

Ia mengatakan untuk menjalankan program ini pihaknya menyiapkan anggaran sebesar Rp3,2 miliar yang berasal dari anggaran APBN melalui dana alokasi khusus (DAK) 2015, “Tahun depan rencananya kita anggarakan juga melalui APBD,” kata dia.

Disampaikannya ada beberapa kecamatan yang tidak mendapatkan bantuan bibit lada, lantas tidak termasuk wilayah pengembangan tanaman lada, “Beberapa kecamatan yang tidak masuk dalam katagori bantuan ini diantaranya Kecamatan Lepar Pongok,Kecamatan Kepulauan Pongok dan Kecamatan Tukak Sadai,” terangnya.

Dijelaskannya, penerima bantuan bibit lada ini wajib mengikuti ketentuan yang disiapkan pemerintah, terutama teknis berkebun lada yang baik. Tidak hanya diseleksi proposal kelompok tani yang mengajukan bibit kepada pemerintah, namun kelompok yang sudah lolos seleksi administrasi juga harus mengikuti ketentuan pemerintah teknis berkebun lada yang baik dan benar.

“Kelompok yang kita bagikan pertama memenuhi syarat secara administrasi, kedua kelompok tani wajib mengikuti prosedur dan petunjuk berkebun yang baik dan benar seperti yang  diarahkan oleh penyuluh,seperti jarak tanam, menggunakan tajur hidup, dan sebagainya,” katanya.

Dirinya berharap kepada kelompok tani yang sudah menerima bantuan bibit lada ini untuk dapat merawat dan memelihara kebun hingga panen, “Selain bibit ada juga bantuan lain yang akan diterima kelompok tani seperti pupuk dan insektisida. Semoga bantuan yang diterima ini dapat digunakan sebaik-baiknya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani,” harapnya.

Ia menambahkan, selain bantuan bibit, pihaknya juga menyediakan bantuan pupuk, dimana bantuan tersebut dijadikan dua kegiatan, pertama bantuan kepada program  perluasan lada  sebanyak 200 hektare.

“Kegiatan pertama masuk ke program bibit lada gratis, jadi inculude bantuan pupuk dan juga insektisida dan kedua progam Intensipikasi yang tidak dapat bantuan bibit, bantuan ini untuk lahan seluas 730 hektare dan hanya bantuan pupuk dan insektisida, tapi teknisnya sama harus melalui kelompok dan mengajukan proposal,” pungkas Winurdin. (ton)

The post Basel Bagikan 320 Bibit Lada Gratis ke 9 Poktan appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment