DPRD Canangkan Pelabuhan Khusus Penumpang


Pangkalpinang (koranbabel.com) — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mencanangkan pembangunan pelabuhan baru di Kota Pangkalpinang yang dikhususkan untuk penumpang. Rencana itu muncul, lantaran Pangkalpinang hingga belum memiliki pelabuhan tersendiri khusus penumpang. Padahal retribusi untuk nenambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor ini cukup lumayan, jika memang ada pelabuhan khusus penumpangnya.

“Selama ini pelabuhan di Pangkalpinang kita belum memilik khusus penumpangnya. Selama ini hanya ditagani oleh Pelindo yang bercampur dengan pelabuhan bongkar muat barang. Tentu saja seharusnya ada retribusi yang didapat oleh Pemkot dari sektor ini, tapi hingga hari ini Pemkot tidak memperoleh itu (retribusi-red),” ungkap Anggota DPRD Kota Pangkalpinang, Achmad Subari, Selasa (3/11).

Menurut Ketua Komisi III DPRD Kota Pangkalpinang ini, jika memang nantinya usulan yang bakal mereka ajukan itu disetujui oleh Walikota Pangkalpinang, Pemkot tak mesti mengeluarkan dana yang begitu besar.

Namun, kata dia, pihaknnya belum menyampaikan wacana mereka itu ke orang nomor satu (Walikota-red) di Pangkalpinang ini. Akan tetapi pria yanng akrab disapa Acu ini, optimis bakal diseretui, karena wacana mereka itu baik untuk kemajuan Ibukota Provinsi Bangka Belitung ini.

“Sebenarnya untuk membangun pelabuhan itu (penumpang-red) kita punya lahan, dimana terdapat 23 hektare lahan pemkot di kawasan Pantai Pasir Padi dekat Hotel Serrata. Paling Rp10 miliar kami rasa cukup untuk membangun pelabuhan baru ini,” paparnya.

Dia menilai pelabuhan Pangkalbalam, jika terus menurus digunakan untuk penumpang konsisinya lama kelamaan tidak memugkinkan. Belum lagi, apabila jembata buka tutup jadi nantinya.

“Setelah kita sampaikan dengan Walikota, diharapkan untuk pambangunan pelabuhan baru khusus penumpang bisa dilaksanakan, karena ini bisa menambah retribusi dari pelabuhan ini yang sampai hari ini kita tidak mendapat apa-apa,” tandasnya. (to)

The post DPRD Canangkan Pelabuhan Khusus Penumpang appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment