Danlanal Siap Tenggelamkan Kapal Asing


Pangkalpinang (koranbabel.com) — Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Letkol (P) Teguh Gunawan menyatakan pihaknya siap menindak kapal asing yang melakukan aktifitas Penangkapan ikan secara liar (Illegal Fishing) di perairan wilayah Babel.

Menurutnya, apabila kapal-kapal asing tersebut terbukti bersalah dan pelakunya terkena vonis oleh pengadilan, maka pihaknya siap membantu pihak Kejaksaan yang berkoordinasi dengan Kementerian Perairan dan Perikanan (KKP) untuk memusnahkan barang bukti kapal asing yang melanggar dengan cara meledakkannya hingga tenggelam ditengah perairan.

“Untuk pemusnahan barang bukti kapal illegal fishing dengan cara diledakkan diterapkan khusus bagi terpidana yang kapalnya berasal dari asing saja. Sedangkan di sini sepengetahuan saya belum ada kapal asing yang ditangkap lantaran berpraktik illegal fishing di perairan Babel,”  ungkap Danlanal.

“Kendati belum ada, kita pun siap meledakkan barang bukti illegal fishing yang dilakukan oleh kapal asing jika tertangkap. Namun tetap dalam prosedur yang benar yakni usai keputusan dari pengadilan. Sejauh ini pelaku illegal fishing yang diamankan merupakan pelaku domestik saja,” tutur Danlanal.

Diketahui sampai dengan akhir Oktober 2015, KKP telah menenggelamkan 101 unit kapal ikan asing sebagai bukti komitmen terhadap pemberantasan pencurian ikan di kawasan perairan Indonesia. Kapal-kapal itu diantaranya 34 kapal berbendera Filipina, 33 kapal berbendera Vietnam, 21 kapal berbendera Thailand, dan 6 kapal berbendera Malaysia.‎(jar)

The post Danlanal Siap Tenggelamkan Kapal Asing appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment