28 Ribu RTS di Babel Dapat Bantuan


Sungailiat (koranbabel.com) — Sebanyak 5800 Rumah Tangga Sasaran Kurang Mampu (RTS) di Kabupaten Bangka menerima bantuan bahan pokok bersubsidi dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pemberian bantuan ini berlangsung selama empat hari.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, RUSTAM EFFENDI mengatakan, pemberian bantuan kepada masyarakat dilaksanakan untuk menyikapi kondisi perekonomian saat ini khususnya harga barang kebutuhan pokok yang tidak stabil.

“Semoga bantuan yang diberikan dapat membantu meringankan beban masyarakat,” harap Gubernur saat launching penyaluran bantuan bahan pokok di kantor Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Makro Kecil dan Menengah Kabupaten Bangka, Kamis (5/11).

Selain itu Gubernur juga sangat mengharapkan perhatian dari Pemerintah Kabupaten/Kota agar kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat sasaran guna meringankan beban masyarakat.

“Bantuan ini harus diberikan kepada yang berhak menerimanya, jangan diberikan kepada yang tidak punya hak,” tegasnya.

Rustam juga menyampaikan jika ada RTS yang belum menerima penyaluran bantuan sembako pada tahun ini, Pemerintah Provinsi akan menganggarkannya  pada tahun 2016.

“Pemerintah Kabupaten/Kota juga dapat melaksanakan kegiatan yang sama  melalui APBD Kabupaten/Kota masing-masing,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yuliswan mengatakan, penyaluran bantuan bahan pokok di Kabupaten Bangka akan dilaksanakan di beberapa kecamatan dari tanggal 5 sampai dengan 8 November 2015.

“Di wilayah Kabupaten Bangka akan dibagikan di kecamatan Sungailiat, Pemali, Merawang, Mendo Barat, Kecamatan Puding Besar, Bakam, Kecamatan Belinyu dan Riau Silip,” ungkapnya.

Untuk bantuan bahan pokok dijelaskan Yuliswan bahwa masyarakat RTS akan diberikan kupon oleh Pemerintah Provinsi dengan warna kupon masing-masing Kabupaten/Kota berbeda, “Kami bekerjasama dengan Camat, Lurah dan Kades untuk menyampaikan kupon kepada yang berhak menerima sesuai dengan data,” paparnya.

Lebih jauh Yulisman mengatakan paket yang diberikan berupa Beras Medium sebanyak 10 Kg, Gula Pasir sebanyak 2 Kg, Minyak Goreng sebanyak 2 Liter dan Mie Instan sebanyak 10 bungkus, “Untuk harga per paket bantuan sebesar Rp. 165.000 dan masyarakat RTS hanya membayar Rp. 65.000, sisanya sebesar Rp. 100.000 subsidi dari Pemprov,” ungkapnya.

Sebanyak 28.000 RTS di wilayah Provinsi Bangka Belitung akan mendapatkan bantuan bahan pokok subsidi dari Pemerintah Provinsi. Untuk Kota Pangkalpinang sebanyak 3.700 RTS, wilayah Kabupaten Bangka sebanyak 5.800 RTS. Sedangkan Kabupaten Belitung sebanyak 5.200 RTS, Bangka Tengah sebanyak 4000 RTS, Bangka Selatan sebanyak 3000 RTS, Bangka Barat sebanyak 3.300 RTS dan Kabupaten Belitung Timur mendapatkan bantuan sebanyak 3000 RTS.

Sementara itu Zakiya salah satu penerima bantuan dari Pemali mengungkapkan  sangat senang dengan perhatian pemerintah yang memberikan bantuan bahan pokok, “Semoga bantuan seperti ini diberikan tidak hanya setahun sekali,” harapnya. (*/hms)

The post 28 Ribu RTS di Babel Dapat Bantuan appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment