Satu Pegawai Positif Pakai Obat-obatan


Pangkalpinang (koranbabel.com) — Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pangkalpinang, melakukan tes urine terhadap para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pangkalpinang dan juga seluruh pegawai baik PNS maupun honorer yang bekerja di gedung tersebut, Senin (9/11).

Tak ada satu pun anggota DPRD maupun pegawai lolos dari tes urine ini. Namun dari sekian banyak yang melakukan tes, satu diantaranya postif menggunakan obat-obatan.

Kepala Bidang (Kabid) Pemberantasan dan Penindakan BNN Kota Pangkalpinang Iwanto menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka pembinaan dan pencegahan terhadap penyalahgunaan narkotika.

Kata dia, kegiatan tersebut bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pangkalpinang, sebab anggarannya berasal dari Pemkot Pangkalpinang.

“Kita menggandeng Pemerintah Kota Pangkalpinang dalam hal ini Dinas Kesehatan karena anggarannya berasal dari Pemkot Pangkalpinang untuk melakukan pembinaan dan pencegahan terhadap pegawai yang ada di Kota Pangkalpinang,” kata Iwanto

Lanjutnya, untuk di DPRD Kota Pangkalpinang BNNK melakukan tes kepada 80 pegawai yang ada baik para PNS maupun Honorer.

“Berarti sudah ada 800 pegawai yang telah kami test urinenya beberapa waktu kemarin, dan untuk hasil test di DPRD ini internal pegawainya negatif narkoba tetapi ada satu pegawainya yang positif obat-obatan tapi kita belum tahu pasti obat apa yang telah dikonsumsi pegawai tersebut dan akan kami panggil ke kantor, akan kita periksa lebih lanjut obat apa yang diminumnya,” jelasnya.

Menurutnya, BNNK sendiri berharap dalam kegiatan ini karena pemerintah telah mengeluarkan anggaran yang begitu besar agar seluruh pegawai tidak mengkonsumsi narkoba dalam rangka pelaksanaan kegiatan supaya seluruh pegawai melaksanakan tugas benar-benar konsentrasi sesuai dengan poksi dan fungsi para pegawai tersebut.

“Kalau para pegawai menggunakan narkoba sudah pasti mereka tidak akan pernah melaksanakan fungsi mereka sebagai PNS, jadi kami dari pihak BNN mengimbau kepada seluruh masyarakat terutama seluruh pegawai yang berada di lingkungan Pemkot agar tidak mengkonsumsi narkoba karena kami akan melakukan sidak dalam kurun waktu yang masih kami rahasiakan,” ujarnya.

Sementara Sekretaris Komisi I Depati Amir Gandhi menambahkan, dengan dilakukannya test urine di sekretariat DPRD Kota Pangkalpinang, BNN merespon cepat apa yang selama ini menjadi keinginan masyarakat. Selain akan menjaga “trust” instansi antar instansi kegiatan BNN akan memberi efek pencegahan dan semakin membuat aparatur berpikir dua kali untuk menyalahgunakan narkotika dan psikotropika.

“Selain itu secara pribadi kita puas dan bangga atas hasil tes urine di lingkungan ASN sekretariat DPRD yang keseluruhannya terbukti nihil zat-zat narkoba. Untuk BNN agar dapat lebih mengoptimalkan tes-tes lain yang sejenis dalam upaya memerangi penyalahgunaan narkotika di Kota Pangkalpinang ini,” tukasnya. (to)

The post Satu Pegawai Positif Pakai Obat-obatan appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment