PNS Penentu Keberhasilan Pembangunan


Pangkalpinang (koranbabel.com) — Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah kader pemimpin dan pewaris masa depan. PNS sebagai unsur utama sumber daya aparatur negara mempunyai peranan penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan.

Hal ini dikatakan langsung oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi saat menghadiri acara Penutupan Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan CPNS Golongan II Angkatan I, II, III, IV dan V Tahun 2015 di Badan Diklat Provinsi Bangka Belitung, Jumat (6/11).

Rustam mengatakan sosok PNS yang mampu memainkan peranan tersebut adalah PNS yang mempunyai kompetensi yang diindikasi dengan sikap dan perilakunya yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral dan bermental baik, profesional, sadar, serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Untuk membentuk PNS yang seperti itu perlu dilaksanakan pembinaan melalui jalur pendidikan dan pelatihan yang mengarah kepada upaya peningkatan kompetensi PNS yang professional, “PNS yang karakternya dibentuk oleh nilai-nilai dasar PNS sehingga mampu melaksanakan  tugas dan perannya secara profesional sebagai pelayan publik,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Diklat Provinsi Kepulauan Babel, Dr. dr. Hendra Kusumajaya, M.Epid dalam laporannya mengatakan tujuan penyelenggaraan diklat prajabatan adalah untuk membentuk PNS yang profesional, yakni PNS yang karakternya dibentuk oleh nilai-nilai dasar PNS sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara profesional sebagai pelayan publik.

Hendra menambahkan, peserta diklat prajabatan Golongan II angkatan I, II, III, IV dan V tahun 2015 berjumlah 196 orang yang terdiri dari Provinsi Bangka Belitung sebanyak 80 orang, Kabupaten Bangka 24 orang, Kabupaten Belitung 39 orang, Kabupaten Bangka Tengah 28 orang, Kabupaten Bangka Barat 4 orang, Kota Pangkalpinang 20 orang, dan KPU Kabupaten Bangka Tengah sebanyak 1 orang.

“Waktu pelaksanaanya, untuk angkatan I tanggal 14 April – 13 Mei 2015, angkatan II tanggal 6 Mei – 9 Juni 2015, angkatan III tanggal 27 Juli – 26 Agustus 2015, angkatan IV tanggal 10 Agustus – 11 September 2015, dan angkatan V tanggal 2 Oktober – 4 November 2015”, tambahnya.

Hendra menjelaskan dari seluruh peserta Prajabatan Golongan II sebanyak 196 orang, yang dinyatakan lulus sebanyak 195 orang atau 99,49 persen dan yang tidak lulus sebanyak 1 orang.

Pada akhir laporannya, Hendra mengucapkan selamat kepada Gubernur Provinsi Bangka Belitung Rustam Effendi atas penghargaan INAGARA ( Inovasi Administrasi Negara) sebagai Gubernur yang berkomitmen tinggi terhadap keberhasilan proyek perubahan peserta pendidikan dan pelatihan kepemimpinan yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN).

“Selamat kepada Bapak Gubernur Rustam Effendi atas penghargaan INAGARA (Inovasi Administrasi Negara ) sebagai Gubernur yang berkomitmen tinggi terhadap keberhasilan proyek perubahan peserta pendidikan dan pelatihan kepemimpinan”, tutupnya. (*/hms)

The post PNS Penentu Keberhasilan Pembangunan appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment