Usai Gowes, TNI Tanam Pohon


Pangkalpinang (koranbabel.com) — Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang terdiri dari Korem 045/Garuda Jaya, Kodim 0413/Bangka, Lanal Babel, Lanud Tanjung Pandan serta jajarannya, menggelar beberapa kegiatan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 TNI.

Pada Sabtu (3/10), TNI bersama jajaran Polri di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar gowes dan penanaman Pohon Bakau (Mangrove) di Muara Sungai Ampui, Kelurahan Ampui, Kecamatan Pangkalbalam, Pangkalpinang. Kemudian Minggu (4/10) Upacara Ziarah di Taman Makan Pahlawan Pawitralaya.

Tak kurang dari 300 Prajurit TNI Polri ikut meriahkan gowes dan menanaman mangrove tersebut. Dengan barisan terdepan diisi para petinggi dari TNI Polri seperti, Danrem 045/Garuda Jaya Kolonel (Inf) Murlim Mariadi , Wakapolda Babel Kombes Ricard ML Tobing, Danlanal Kolonel (P) Hendra Kusuma, Danlanud Tanjung Pandan Letkol (Pnb) Anang Heru Setyono,  Dandim 0413/Bangka Letkol (Inf) Utten Simbolon dan Kapolres Pangkalpinang AKBP Heru Budi Prasetyo.

Gowes kali ini menempuh jarak 15 kilometer dengan mengambil start di Makodim 0413/Bangka.  Adapun rute yang dilalui adalah arah Jembatan 12, turun ke arah Pasar Pagi Pangkalpinang dan berakhir di Muara Sungai Ampui.

Danrem 045/Garuda Jaya, Kolonel (Inf) Murlim Mariadi mengakui, beberapa kegiatan sudah mereka lakukan untuk mengisi lahirnya TNI, misalnya  bhakti sosial donor darah, pengobatan gratis, bela negara, ada lomba kicau burung, dan lainnya.

Dikatakan Danrem, acara puncak akan di gelar  Senin (5/10) dengan upacara di kantor Gubernur Babel.

“Hari ini (Sabtu,-red) kita melaksanakan olahraga bersama yang dipadukan dengan penaman Mangrove, karena kita lihat kawasan ini sudah agak tandus, jadi tanaman yang cocok untuk kawasan ini ya Mangrove,” kata Danrem.

Usai melakukan penanaman Mangrove, prajurit TNI membersihkan kayu-kayu bekas tambang timah ilegal di sekitar muara sungai, bahkan satu ponton TI yang masih lengkap dengan mesinnya pun dibersihkan oleh aparat

“Nambang di sini kan ilegal. Kita lihat bersama nantang sekali itu kan, makanya kita bersihkan, ini salah satu tugas kita,” ujarnya.

Pada usia TNI yang ke-70, Danrem berharap kebersamaan TNI dengan rakyat bersama-sama bergandeng tangan untuk mambangun bangsa ini.

“Kalau TNI dengan rakyat bersatu, kita kuat, kita hebat dan sebagainya oleh negara-negara lain. Dari dulukan untuk merebut bangsa ini karena ada persatuan antara rakyat dengan TNI Polri,” imbuhnya.

Wakapolda Babel Kombes Ricard ML Tobing, berharap, “Di usia yang ke-70, semoga TNI bisa lebih berjaya lagi untuk mempertahankan NKRI ini,” harapnya.

Pada prinsipnya, kata Wakapolda TNI dan Polri saling bersinergi. Bahkan lanjut dia, selama ini hubungan TNI dengan Polri khususnya di Babel sangat harmonis.

“Kita tidak ada perbedaan, kalau dalam bidang tugas kita memang beda, tapi untuk NKRI kita sama yang ujungnya untuk kesejahteraan masyarakat,” tukas Kombes Ricard.(to)

The post Usai Gowes, TNI Tanam Pohon appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment