Beltim Siap Jadi Tuan Rumah Porwil Cabor Atletik


Manggar (koranbabel.com) — Panitia Lokal Pekan Olah Raga Wilayah (Porwil) IX Sumatera Tahun 2015 di Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung menyatakan kesiapannya menyambut pelaksanaan Porwil Cabang Olah Raga Atletik di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) yang akan berlangsung pada 12 – 16 November 2015 mendatang. Hampir seluruh sarana dan prasarna sudah siap dan rampung. Saat ini, panitia lokal tinggal menunggu alat photo finish untuk nomor lari dan galah panjang untuk nomor lompat galah.

Kesiapan ini diungkapkan oleh Koordinator Panitia Porwil Lokal Atletik, Evi Nardi, Jum’at (30/10). Ia mengungkapkan panitia lokal yang dikoordinir Panitia Besar (PB) Porwil IX Sumatera di Kota Pangkalpinang sudah menyiapkan venue, akomodasi, konsumsi dan segala sesuatu yang akan dipergunakan dalam Porwil Cabor atletik.

“Alhamdulillah 95 persen rampung. Kita juga sudah melaksanakan rapat pada hari Rabu lalu dengan panitia PB Porwil terkait persiapan. Tinggal menunggu datangnya Photo Finish dan Galah Panjang. Memang dua alat ini kita belum punya, dan harus kita sewa dari Provinsi Riau dan Sumatera Selatan. Namun di luar itu sudah siap semua,” ungkap Evi.

Evi yang juga menjabat Sekretaris DPRD Kabupaten Beltim ini menjelaskan, untuk venue, hampir seluruh nomor pada 14 nomor yang dipertandingkan dalam Cabor Atletik Porwil akan dilaksanakan di Stadion Belitung Timur Pelangi. Hanya untuk nomor marathon dan jalan cepat yang akan menggunakan jalan raya.

“Nomor 100, 200, 400 meter, estafet 4×100 dan 4×400,  lompat galah, lompat jauh, lompat tinggi, tolak peluru, lempar lembing, lari jarak jauh 1500, 3000, dan 5000 putra putri semuanya dipertandingkan di stadion kebanggan kita. Hanya martahon dan jalan cepat kita akan menggunakan jalan raya, cuman julur atau rutenye akan kita survey dulu dengan PB PASI Pusat,” jelasnya.

Untuk penginapan atlet, official dan juri, Ia menyebutkan tidak akan menggunakan sekolah ataupun rumah penduduk. Namun seluruhnya akan diinapkan di hotel-hotel dan penginapan di Kota Manggar. Anggaran untuk konsumsi dan akomodasi semuanya ditanggung oleh PB Porwil.

“Nanti akan ada 259 orang atlet atletik plus official yang akan datang ke sini, mereka ini akan kita inapkan di beberapa hotel dan penginapan di Kota Manggar. Rencanannya para atlet dan official dari Sumatera akan datang pada 9 Nopember mendatang. Kalau atlet tuan rumah 1 Nopember mereka sudah datang untuk latihan dan TC di sini,” terangnya.

Evi menambahkan, untuk Porwil IX tidak mengadakan acara seremoni di Kabupaten Beltim, mengingat seluruh kegiatan seremoni akan dipusatkan di Kota Pangkal Pinang. Khusus untuk seremoni di Kabupaten Beltim, hanya akan diadakan Pemkab Beltim saat ramah tamah dan jamuan makan malam dengan Bupati dan Forkominda.

 

4 Nomor Target Emas

Ketua Pengurus Cabang Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kabupaten Beltim, Evi Nardi menargetkan PASI Kabupaten Beltim akan menyumbangkan minimal empat medali emas untuk nomor 400 meter putra, 1500 meter putra, estafet putra 4×100 meter dan Putri 200 atau 400 meter. Evi mengatakan total medali yang akan diperebutkan pada Cabor Atletik berjumlah 46 buah medali emas, Perak dan Perunggu.

“Dari 14 nomor yang akan dipertandingkan pada Cabor Atletik kemungkinan besar Kabupaten Beltim akan mendulang empat medali emas. Emas-emas ini akan disumbangkan dari nomor 400 meter putra, 1500 meter putra dan estafet putra 4×100 meter 200 atau 400 meter. Untuk Tuan Rumah Provinsi Babel kemungkinan lebih dari itu,” kata Evi.

Atlet atletik di nomor ini merupakan Putra Putri Beltim, mereka adalah atlet-atlet andalan Provinsi Kepualuan Bangka-Belitung yang akan ikut pada Pekan Olah Raga Nasional (PON) mendatang. Namun Ia mengatakan tidak menutup kemungkinan medali juga akan disumbangkan dari nomor lainnya.

“Mereka ini kan atlet yang sudah berpengalaman. Edi, Jonathan, dan rombongan Zara adalah atlet atletik kebanggaan kita. Saingan kita di atletik yang terberat adalah dari Provinsi Sumatera Utara,” ujarnya

Tuan rumah Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung sendiri direncanakan akan mengirimkan 39 orang atlet pada Cabor Atletik. 8 atlet diantaranya merupakan atlet Kabupaten Beltim. (*/rel)

The post Beltim Siap Jadi Tuan Rumah Porwil Cabor Atletik appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment