AS Beri Bantuan 2,57 Juta Dolar untuk Tanggulangi Kabut Asap Indonesia


Jakarta,koranbabel — Amerika Serikat (AS) akan memberikan bantuan sejumlah 2,75 juta dolar AS untuk mendukung Indonesia mengatasi dampak kabut asap dari kebakaran hutan. Hal tersebut disampaikan oleh duta besar AS untuk Indonesia, Robert O Blake.

“Bantuan ini merupakan bagian dari upaya Amerika Serikat secara lebih luas untuk mendukung upaya Indonesia dalam menanggulangi kebakaran hutan dan menekan dampaknya terhadap kesehatan manusia, serta untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia mencegah kebakaran hutan di masa mendatang,” ujar Blake dalam siaran pers U.S. Embassy Jakarta-Public Affairs yang diterima detikcom, Senin (26/10/2015).

Paket bantuan ini akan meliputi pendanaan dari Badan Pembangunan Internasional AS (USAID), organisasi kemitraan AS dengan Indonesia yang akan diwujudkan dalam bentuk bantuan langsung pada masyarakat yang terkena dampak kabut asap. Selain itu dengan meningkatkan efektivitas upaya pemadaman kebakaran yang saat ini sedang dilakukan serta mengatasi dampaknya pada masyarakat yang rentan terhadap asap.

Bantuan tersebut akan digunakan untuk membantu Indonesia meningkatkan kemampuan pusat pelayanan kesehatan mereka menangani penyakit gangguan pernapasan akibat kabut asap dan membantu Indonesia meningkatkan kesadaran publik atas bahaya asap di kawasan Indonesia. Dana ini akan disalurkan melalui Kantor USAID untuk urusan Bantuan Bencana di Luar Negeri (OFDA) melalui Palang Merah Amerika kepada Palang Merah Indonesia (PMI).

“Dana tersebut juga akan digunakan untuk menyediakan perlengkapan dan peralatan pelindung bagi kru pemadam kebakaran di lapangan di provinsi-provinsi yang terkena dampak terburuk akibat kebakaran hutan, terutama di Kalimantan Tengah,” jelasnya.

AS juga akan mengirimkan tim penasihat teknis dari Dinas Kehutanan AS, yang akan tiba di Indonesia minggu ini, untuk memberikan bantuan pemadaman api di hutan.

“Tim ini akan membawa perlengkapan tambahan pemadaman api berupa baju pelindung terhadap api, serta membantu koordinasi pemadaman, cara mendeteksi api jarak jauh, dan pengambilan gambar yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia,” kata Blake.
(dtk)

The post AS Beri Bantuan 2,57 Juta Dolar untuk Tanggulangi Kabut Asap Indonesia appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment