BI Gelar Capacity Building Edukasi TPID Babel


Pangkalpinang (koranbabel.com) — Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung menggelar Capacity Building Kamis (22/10) di Novotel untuk tujuan pelatihan  dan pengembangan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Bangka Belitung.

Tahun 2015 terdapat empat TPID baru yang berasal dari empat kabupaten seperti. Belitung Timur, Bangka Barat, Kabupaten Bangka, dan Bangka Selatan. Terbentuknya TPID baru ini menambahkan total TPID menjadi sembilan TPID dari masing-masig Kabupaten dan Provinsi.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cabang Bangka Belitung, Bayu Martanto menuturkan Capacity Building ini turut serta bertujuan untuk menyamakan persepsi definisi inflasi dengan pengukuran data inflasi.

“Pembentukan TPID di tahun 2014 belum terlalu lama sehingga ada usulan agar dilakukan pembekalan dan kita laksanakan,” tutur Bayu.

Sementara Budiman Ginting mewakili pemerintah daerah turut memberi sambutan pada acara Capacity Building oleh Bank Indonesia.

“Angka inflasi dari sisi BPS mengambil dari kabupaten dan kota, berikutnya bisa mengcreate data relatif bagus. Anomali gak bisa dijawab Bangka Belitung bergantian deflasi dan inflasi secara bergantian. Padahal sumber bahan produksi gak terlalu beda signifikan. Kedua kita dorong pasokan dari luar agar jangan terlambat mengurangi ongkos produksi di lokal,” papar Budiman Ginting.

Budiman menyarankan, sebelum data BPS dirilis agar dapat mengadakan pertemuan dengan pihak pemerintah daerah, Bank Indonesia, dan dinas terkait agar data lebih akurat sebagai sumber data. (dhi)

The post BI Gelar Capacity Building Edukasi TPID Babel appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment