Sepradik Tuloong Jangan Buang Sampah di Sungai Ni Ok..!


Pangkalpinang(koranbabel.com) — Penggalan kelimat “Sepradik Tuloong Jangan Buang Sampah di Sungai Ni Ok” terpampang  jelas saat pengendara maupun pejalan kaki melintas di kawasan yang menjadi lokasi kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-95 Kodim 0413/Bangka di Alur Sungai Rangkui, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Bukit Intan, Pangkalpinang.

Kalimat yang penuh makna tersebut ditulis oleh para serdadu  yang sedang bertugas pada program TMMD 2015.

Imbauan ini merupakan bentuk kepedulian para prajurit terhadap alam lingkungan Kota Pangkalpinang. Tujuannya agar masyarakat bersama-sama memelihara dan menjaga kebersihan lingkungan Sungai Rangkui ini.

“Mari kita budayakan malu membuang sampah di sungai. Kita semua memiliki kewajiban menjaga  lingkungan yang sehat, bersih dan indah. Sehingga kesehatan kita akan terjaga,” kata Dandim 0414/Bangka Letkol (Inf) Utten Simbolon selaku Dansatgas TMMD.

Sungai Rangkui, kata dia merupakan potensi alam yang luar biasa dimiliki Ibukota Provinsi Bangka Belitung ini, yang keberadaannya membelah Kota Pangkalpinang.

“Berpotensi menjadi objek wisata sejarah bila dimanfaatkan dengan baik. Bisa dijadikan olahraga dayung, pasar terapung, tranportasi air bahkan dapat dijadikan wisata air apabila dimanfaatkan dengan maksimal,” imbuh Dandim.

Dia menjelaskan, Sungai Rangkui sudah dikeruk dan dibersihkan oleh prajurit Satgas TMMD ke-95, untuk itu dia berharap kerjasamanya dan partisipasi dari semua komponen masyarakat.

“Bila ada lomba selaju sampan, warga dari berbagai kabupaten dan bahkan dari luar provinsi datang menyaksikan. Kita harapkan kegiatan pariwisata memanfaatkan Sungai Rangkui terus dilakukan,” harap Letkol (Inf) Utten.

Sungai Rangkui, lanjut dia sebenarnya daerah resapan air yang perlu dijaga kebersihannya. Jangan membuang sampah di sungai sehingga akan menghindari dari bahaya banjir dan pendangkalan.

“Rendahnya fungsi sungai tidak bisa terus menerus dibiarkan. Upaya menjaga bersama sama antar komponen masyarakat harus segera dilakukan, agar sektor pemanfaatan fungsi sungai makin tumbuh dan fungsi resapan air juga tambah optimal,” tukas Letkol (Inf) Utten.(to)

The post Sepradik Tuloong Jangan Buang Sampah di Sungai Ni Ok..! appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment