Bank Indonesia Edukasi Wartawan Sumbagsel


Tanjung Pandan (koranbabel.com) — Bank Indonesia (BI) mengadakan pelatihan kepada 48 orang dari perwakilan media di wilayah Sumbagsel (Sumatera Bagian Selatan) yakni Palembang, Lampung, Bengkulu, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Rangkaian acara pelatihan menghadirkan Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumatera Selatan Juli Budi Winanty, Fiskiawan Asisten direktur departemen komunikasi Bank Indonesia Arditya Dinar, Ekonom BI Ryan Kiryanto, dan Nasihin Masha pemimpin redaksi Republika, 27-29 Oktober 2015 di Grand Mercure Sabang Jakarta.

Pelatihan wartawan ekonomi bisnis Se-Sumbagsel telah dirancang jauh hari terselenggara 26-29 Oktober 2015 bertempat di Belitung namun karena kondisi kabut asap yang mengganggu penerbangan ke Pulau Laskar Pelangi ini mengakibatkan pergantian lokasi pelatihan yang terselenggara di Jakarta.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Cabang Bangka Belitung, Bayu Martanto mengatakan acara pelatihan wartawan ini bertujuan untuk meningkatkaan pemahaman jurnalis tentang peran dan tugas Bank Indonesia (BI) terlebih kehadiran Bank Indonesia di Provinsi Bangka Belitung terhitung baru sejak 2014 lalu.

“Tema yang dibahas dalam pelatihan yaitu terkait perkembangan ekonomi global dan domestik, kebijakan terkini BI dan dinamika perekonomian Indonesia di tengah turbulensi perekonomian global. Pelatihan juga diisi dengan diskusi tentang peluang bagi perekonomian Indonesia di tengah turbulensi global yang mendatangkan pembicara dari BI dan sejumlah redaktur senior,” ungkapnya.

Sementara dalam usai pelatihan, wartawan se-Sumbagsel turut menanyakan kondisi ekonomi yang terjadi di wilayah Sumbagsel menurut kacamata Bank Indonesia sebagai wilayah yang memiliki andalan komoditas perkebunan seperti CPO dan karet.

“Domestik market harga CPO akan membaik dengan kesepakatan harga CPO. Ironis Malaysia dan Indonesia sebagai negara eksportir terbesar namun penetapan harganya dikendalikan oleh buyer investor. Saya optimis harga CPO akan reborn lebih cepat karena control kedua negara yang bersangkutan, begitu juga karet akan reborn harus disertifikasi. Karet akan kembali melihat pasar domestic insentif industry dalam negeri,” jelasnya. (dhi)

The post Bank Indonesia Edukasi Wartawan Sumbagsel appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment