Rustam Upayakan Tambah Jatah Kouta Haji


Pangkalpinang (koranbabel.com) — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka-Belitung (Babel) sedang mengupayakan untuk menambah jumlah kouta jemaah haji dari Babel. Pada musim haji tahun 2016 mendatang, diharapkan jemaah haji dari Provinsi Babel akan mencapai 913 orang, dari musim tahun ini yakni 724 orang jamaah.

Upaya penambahan ini dilakukan mengingat tingginya minat masyarakat Babel untuk menunaikan Rukun Islam ke lima tersebut serta adanya rencana Pemerintah Saudi Arabia yang akan memberikan tambahan kouta sebanyak 20.000 jemaaah bagi Indonesia.

“Insya Allah tahun depan ada penambahan. Memang saat ini kita sedang mengupayakan untuk penambahan kouta jemaah haji kita. Cuman kita masih melihat perkembangan di Arab, jika Arab memang membuka ruang langsung kita masukkan,” kata Gubernur Kepulauan Babel, H. Rustam Effendi, di Ruang VVIP Bandara Hanandjoedin, Tanjungpandan, Minggu (4/10).

Rustam yang baru saja menunaikan ibadah haji di tanah suci pada musim haji tahun ini mengatakan penambahan minimal akan dilakukan pada jatah kuota yang tahun ini sempat dikurangi sebanyak 20 persen. Ia mengakui jika dengan perhitungan jatah kouta haji yang menggunakan motode satu orang per satu mil, hal tersebut masih juga belum mencukupi kouta yang ada selama ini.

“Kita minta kembalikan jatah kemarin yang hilang, kouta 20 persen itu hak kita. Kalau kita bicara tentang jatah satu orang permil itu belum cukup. Itu juga yang akan kita perjuangkan,” ujarnya.

Orang nomor satu di Provinsi Babel ini menyatakan dirinya dan Kantor Kementerian Agama Provinsi Babel sudah pernah melobi dan mengirimkan utusan ke Kementerian Agama RI untuk mengurus kemungkinan penambahan kouta haji. Namun Ia belum dapat memastikan berapa kemungkinan penambahan jumlah yang akan dipenuhi.

“Sudah, sudah kita lobi, kita juga sudah menurunkan tim. Kalau jumlahnya kita belum tau, yang jelas kita sedang mengupayakan itu. Tolong didoakan,” pintanya.

Ia menambahkan saat berada di tanah suci beberapa waktu lalu, dirinya sempat menongok kondisi jemaah haji Babel dan berdialog di Maktab (pemondokan jemaah haji) 52.

Diungkapkannya seluruh jemaah dalam kondisi aman dan sehat walafiat tak kurang sesuatu apa pun, “Alhamdulillah jemaah kita aman. Saya sempat berkunjung ke Maktab 52 tempat jemaah haji kita, untuk memberikan pencerahan tentang situasi yang berkembang tragedi mina maupuan crane kemarin. Ada orang Limau Manis (Desa Buding Kecamatan Kelapa Kampit), Gantung yang ngobrol dengan saya,” ungkapnya. (*/rel)

The post Rustam Upayakan Tambah Jatah Kouta Haji appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment