Bateng Gelar Pelatihan Diversifikasi Olahan Hasil Perikanan


Koba (koranbabel.com) — Bupati Bangka Tengah membuka pelatihan diversifikasi olahan hasil perikanan yang dilaksanakan di gedung pertemuan balai benih perikanan Kabupaten Bangka Tengah. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari mulai dari tanggal 22 – 24 Oktober 2015.

Pelatihan ini terlaksana berkat adanya kerjasama pemerintah daerah Kabupaten Bangka Tengah dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Medan. Adapun peserta yang mengikuti pelatihan ini berasal dari pelaku usaha dibidang pengolahan hasil perikanan seperti usaha kemplang, abon ikan, rusip dan olahan ikan lainnya yang ada di Bangka Tengah yang berjumlah sekitar 15 orang.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Bangka Tengah, Drs H.Sunardi M.AP mengatakan, sumber kekayaan alam hayati yang ada di laut menyimpan potensi yang sangat besar yaitu potensi perikanan dan kelautan. Namun sampai saat ini belum termanfaatkan secara optimal melalui diversifikasi. Diversifikasi adalah salah satu wujud penerapan ide-ide kreatif, inivatif dan aplikatif di masyarakat.

“Potensi perikanan dan kelautan kita di Bangka Belitung cukup besar namun belum termanfaatkan secara optimal melalui diversifikasi. Pada intinya diversifikasi merupakan suatu proses pengembangan produk melalui penganekaragaman bentuk, cita rasa dan segala atribut yang melekat pada suatu produk,” kata Drs. H. Sunardi, M.AP di Balai benih perikanan, Kamis (22/10).

Diakhir sambutannya Sunardi berpesan kepada peserta pelatihan diversifikasi untuk dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh dan mengikuti sampai selesai karena banyak manfaat yang bisa didapat mengikuti pelatihan ini dan menambah ilmu pengetahuan mengenai produk perikanan.

“Saya berpesan kepada peserta, agar mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, banyak manfaat kedepannya bagi kita dengan mengikuti pelatihan ini dan diharapkan dapat mendorong pelaku usaha dalam mengolah hasil perikanan yang bernilai jual tinggi dan berdaya saing ditingkat yang lebih tinggi,” kata Sunardi.

Setelah acara pemukaan dilanjutkan dengan penandatanganan MoU kerjasama antara pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Medan. Bentuk kerjasama ini dalam bentuk peningkatan sumberdaya manusia dibidang perikanan dan dibidang teknologi perikanan. (ron)

The post Bateng Gelar Pelatihan Diversifikasi Olahan Hasil Perikanan appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment