Polantas Kunjungi SLB YPAC


Pangkalpinang (koranbabel.com) — Edukasi tentang peraturan lalu lintas tidak hanya diajarkan kepada masyarakat normal pada umumnya. Namun oleh Satlantas Polres Pangkalpinang, siswa-siswa berkebutuhan khusus mendapatkan penjelasan mengenai aturan berlalu lintas di jalanan.

Satlantas Polres Pangkalpinang, Kamis (29/10), melalui Unit Pendidikan dan Rekayasa (Diyaksa)  melakukan sosialisasi soal lalu lintas di SLB YPAC (Sekolah Luar Biasa Yayasan Pembinaan Anak Cacat) Pangkalpinang.

“Supaya tahu berlalu lintas, siswa ini perlu diberikan sosialisasi. Walaupun mereka tuna rungu, tidak bisa mendengar, atau tidak bisa bicara, kita perkenalkan sejak dini. Karena mereka juga kan pengguna jalan. Bahkan diantara mereka ada yang sudah bisa naik motor, seperti Pajri yang sudah 19 tahun penderita Tuna Grahita,” jelas Kepala SLB YPAC Pangkalpinang, Endang Sri Hastuti.

Kegiatan yang termasuk program Polisi Sayang Anak (Polsanak) ini disampaikan langsung oleh Kepala Unit Diyaksa Satlantas Polres Pangkalpinang, Bripka Subandi bersama anggota Brigadir Edy A dibantu tim pengajar sekolah. Pantauan harian ini, semua murid nampak antusias mengikuti kegiatan yang dipraktekkan polisi.

Para siswa diajarkan dan praktik mengenai beberapa gerakan lalu lintas, seperti macam-macam tanda tanda dari bunyi tiupan peluit dan para siswa dipertontonkan film yang berhubungan dengan keselamatan lalu lintas dan pentingnya berkendara dengan aman di jalanan.

“Kita sangat berterima kasih sekali kepada Kapolres, ternyata respon yang diberikan kepada kita begitu cepat. Dari sekolah kita ingin kerja sama antara Polres Pangkalpinang dengan YPAC. Jadi, anak-anak kita bisa mengenal tentang berlalu lintas yang baik,” imbuh, Endang.

Tidak hanya sampai di situ saja, ke depan kerja sama akan terus berlanjut. Sat Lantas Polres Pangkalpinang akan membina langsung enam siswa berkebutuhan khusus ini untuk menjadi Patroli Keamanan Sekolah (PKS).

“Kegiatan ini menjadi yang pertama. Nantinya juga ada pembinaan khusus dari Sat Lantas untuk kegiatan PKS dan ini juga yang pertama. Mereka nantinya yang akan membantu teman-temannya lewat pengaturan di jalan depat gerbang sekolah ini,” tukas Endang.(to)

The post Polantas Kunjungi SLB YPAC appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment