Peringatan HSP ke- 87 Berlangsung Sukses


Pangkalpinang (koranbabel.com) — Beberapa rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-87 yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bangka Belitung (Dispora Babel) bekerja sama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Babel sukses dilaksanakan.

Rangkain kegiatan tersebut terdiri dari, Seminar Kebangsaan, Pecahkan  Rekor Muri Kesenian Dambus Bangka, Tour D’ Bangka, Upacara Bendera Puncak Peringatan HUT Sumpah Pemuda ke-87, Donor Darah, Kunjungan ke Panti Asuhan, Penghijauan, dan ditutup Malam Gebyar Pemuda.

Hari puncak pelaksanaan 28 Oktober, Pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 87 di Halaman Kantor Gubernur Babel, Rabu (28/10/2015).

Upacara tersebut diikuti Forkominda, Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya, Walikota Pangkalpinang Irwansyah, Jajaran Pengurus DPD I KNPI Babel, DPD I dan OKP se-Indonesia, SKPD, PNS, mahasiswa dan pelajar.

Bertindak sebagai Inspektur upacara Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung H Rustam Effendi SE dan Komandan Upacara oleh Perwakilan KNPI Babel, Ferdiyan.

Gubernur mengawali upacara dengan membawakan naskah Pancasila. Acara inti kegiatan ditandai pembacaan pembukaan UUD1945 dan naskah Kongres Pemuda Indonesia 1928 oleh gubernur di hadapan pemuda Babel berpakaian adat 34 provinsi.Pakaian adat 34 provinsi tersebut sebagai simbol  keragaman budaya bangsa Indonesia dipertontonkan dalam upacara.

Membacakan sambutan Menpora Imam Nahrowi, Gubernur mengajak generasi muda menyampaikan  penghargaan setinggi-tingginya dan ucapan terimakasih tentunya patut kita sampaikan kepada para tokoh pemuda pada tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda nusantara untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini.

“Hadirin sekalian yang saya hormati dan pemuda-pemudi harapan bangsa, Peringatan Sumpah Pemuda yang ke-87 kali ini mengambil tema “Revolusi Mental Untuk

Kebangkitan Pemuda Menuju Aksi ‘Satu Untuk Bumi.’  Tema ini didasari atas keprihatinan yang mendalam terhadap dua hal. “Pertama, hari ini kita disuguhi fenomena baru tentang berubahnya pola realisasi kemasyarakatan kita akibat arus modernisasi dan kemajuan teknologi informasi,” ujarnya.

Usai upacara dilakukan kegiatan donor darah yang oleh KNPI Babel di lantai I Kantor Gubernur  Bangka Belitung. Kegiatan tersebut diikuti para pengurus KNPI, SKPD, PNS dan masyarakat.

Usai donor, kegiatan kemudian beralih ke kegiatan penanaman mangrove di Pantai Bhaskara Bakti, Kecamatan Namang Kabupaten Bangka Tengah.

Sekjen KNPI Babel Wahyu Gusna, mengatakan  penanaman mangrove merupakan bentuk kepedulian KNPI khusunya pemuda Babel untuk pelestarian lingkungan dan alam.

“Kita membantu bikin ini untuk hidup, ini kali kedua kita menanam mangrove di sini. Ini cara positif untuk melawan arus negatif, sekitar 870 manggrove yang akan ditanam,” jelasnya.

Kabid Pemuda Dispora Babel, Zuardi terkhusus menghaturkan ungkapan terimakasih kepada DPD I KNPI dan OKP se-Indonesia yang telah hadir memenuhi undangan.

“Kepada rekan kami DPD dan OKP terima kasih telah menghadiri undangan atas nama Pemprov Babel untuk acara rangkaian HSP ke-87. Kita melakukan penghijauan Pantai Bhaskara bakti, kita sudah lihat bahwa pantai ada TI apung kita lihat sudah tercemar maka harus kita hijau dan lestarikan,” ajaknya.

Perwakilan Bupati Bangka Tengah, Julhasnan mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Dispora dan KNPI Babel.

“Kami berterimakasih, kami dipercaya khususnya Desa Bhaskara Bakti dalam rangkaian peringatan HSP ini mudah-mudahan ini jadi ibadah,” tuturnya.

Rangkaian puncak kegiatan HSP 87 ditutup dengan Malam Gebyar Pemuda. Dimana dalam puncak acara, diberikan penghargaan bagi pemuda-pemudi berprestasi Bangka Belitung.

Penghargaan diberikan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada Yendri Juara Kontes Dangdung Indonesia (KDI) tahun 2014, M Robby Saputra sebagai salah satu perwakilan Indonesia menghadiri dan menjadi pembicara di International Young Leaders Assembly (IYLA) 2015 di Markas Persatuan Bangsa-Bangsa New York, Amerika Serikat 10-19 Agustus lalu, Rizman Adhi Nugraha orang pertama Indonesia dari Babel yang akan menjalankan misi ke luar angkasa pada Januari 2016.(adv/to)

The post Peringatan HSP ke- 87 Berlangsung Sukses appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment