Pemprov DKI Berencana Bangun ITF Agar Tak Bergantung ke Bantargebang


Jakarta,koranbabel — Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) telah melayangkan SP 1 kepada TPST Bantargebang. Kadis Kebersihan DKI Isnawa Adji berencana membangun Intermediate Treatment Facilities (ITF) di sejumlah lokasi untuk mengurangi ketergantungan terhadap Bantargebang.

“Seiring dengan keluarnya SP 1 sampai ditutup Bantargebang, tentunya kita berpikir harus ada lokasi lain yang nantinya bisa mengurangi volume sampah. Kan ada master plan kita, yang 2015-2016 di Bantargebang itu seharusnya sudah tinggal 250 ton per hari. Tapi kondisi sekarang masih 6.300-6.500 ton kan,” kata Isnawa di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (26/10/2015).

Mantan Camat Tambora ini menyebut proyek pembangunan ITF sudah direncanakan sejak 4 tahun lalu. Namun selalu gagal direalisasikan karena proses lelang yang mandeg. Ahok meminta Isnawa untuk dapat merealisasi pembangunan ITF tahun ini.

“Pak Gub sempat BBM saya. Dia bilang, bisa enggak tahun ini dibangun ITF? Saya bilang nanti kan harus koordinasi dengan Jakpro dan harus disiapin dokumen lelangnya. Ini kan basic design, AMDAL, untuk membangun ITF itu paling cepat 2 tahun sampai infrastruktur jadi,” terangnya.

“Jadi enggak bisa cepat-cepat tahun ini bangun tahun ini selesai, enggak bisa. Mesti beauty contest, perusahaan mana yang menawarkan teknologi. Itu butuh waktu,” kata Isnawa.

Isnawa juga mengungkapkan, pihaknya kini berupaya mengurangi jumlah pembuangan sampah ke Bantargebang. Namun kini dia juga mengatakan ketergantungannya terhadap Bantargebang masih 90 persen.

“Alternatifnya (ITF) tidak terbangun kan, akhirnya ketergantungan kita masih 90 persen ke TPST Bantargebang. Nah, ini yang bikin Pak Gub bilang harus take over. Dia bahasanya (GTJ) wanprestasi,” ucapnya.

Dia memperkirakan kalaupun ITF sudah jadi, maka baru bisa dioperasikan sekitar 2 tahun lagi. Lokasi pembangunan ITF yang paling memungkinkan adalah di Sunter, sedangkan Cilincing dan Marunda masih berproses.

“Tadi saya sampaikan ke Pak Gub, kita butuh biaya. Semisal nanti, Bantargebang, 10 Januari sesuai SP 1, SP 2 dan SP 3 kewajibannya tidak terpenuhi, maka di sisi lain kalau kita langsung bangun ITF. Kan harus mulai dari 2016,” tutup dia.

(detik)

The post Pemprov DKI Berencana Bangun ITF Agar Tak Bergantung ke Bantargebang appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment