Sekolah Diminta Rahasiakan Identitas Siswa


Pangkalpinang (koranbabel.com) — Pihak Sekolah diminta DPRD Kota Pangkalpinang untuk tidak sembarangan memberikan identitas maupun nomor telepon siswa serta orangtuanya kepada orang yang tidak dikenal.

Pesan DPRD tersebut bukan tanpa alasan sebab jika merujuk pada sejumlah kasus penipuan yang sering mengatasnamakan siswa, sudah sering terjadi.

Anggota DPRD Pangkalpinang, Michael Pratama mengingatkan peran Pemerintah Kota (Pemkot) khususnya bidang pendidikan, agar lebih menjaga kerahasiaan identitas siswa serta orangtua siswa itu sendiri, guna menghindari permasalahan seperti itu.

“Banyak sekali kasus penipuan yang mengatasnamakan siswa. Pelaku lalu menghubungi pihak keluarganya dan meminta sejumlah uang. Karena itu kita minta sekolah lebih ketat untuk menjaga kerahasiaan siswa dan orangtua dari orang yang tidak dikenal,” ungkap Michael, kepada wartawan, Senin (5/10).

Kemarin lusa, kata Michael tetangganya menjadi korban penipuan. Pelaku menelepon pihak keluarga dengan mengaku anak tetangga tersebut mengalami kecelakaan di sekolah.

Pelaku lanjutnya seolah mengetahui semua tentang keluarga korban termasuk nomor telepon dan tempat tinggalnya. Bahkan segala hal tentang siswa tersebut.

“Pelaku mendapatkan semua informasi tentang korbannya. Karena itu antisipasi sejak dini kita minta sekolah lebih menjaga hal itu,” tegasnya.

Selain itu, Politisi Partai Gerindra tersebut menyoroti pihak kepolisian, yang belum memiliki peralatan untuk melacak pelaku penipuan seperti yang dimaksud. Polisi juga diharapkan mampu melacak nomor yang melakukan penipuan tersebut.

“Kita ingin kepolisian memiliki alat itu untuk melacaknya sehingga bisa dengan cepat menangkap pelaku. Karena selama ini ukan hanya masyarakat polisi pun sering dicatut namanya,” ujarnya.

Dia pun mengimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada terhadap penipuan seperti itu. Keluarga harus memastikan bahkan anaknya dalam keadaan aman.

“Semoga Pihak Berwajib dapat mengusut kasus seperti itu dan menangkap para pelakunya,” tukasnya. (to)

The post Sekolah Diminta Rahasiakan Identitas Siswa appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment