PT. Palapa Nusantara Berdikari Modali UKM


Pangkalpinang (koranbabel.com) — Selain memanfaatkan permodalan usaha dari perbankan atau pemerintah. UKM pun dapat memanfaatkan penyaluran kemitraan modal kerja dari PT. Palapa Nusantara Berdikari  dibawah naungan Rosan P Roeslani, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perbankan dan Finansial, sebagai skema alternatif permodalan untuk mengembangkan entrepreneur di daerah yang belum bankable menjadi bankable.

Hadir sebagai salah satu narasumber dari acara “Pemberdayaan Usahawan dan Potensi Daerah Untuk Meningkatkan Ekspor”, Perwakilan dari PT. Palapa Nusantara Berdikari, Ikhwan Primanda menjelaskan bahwa lembaga ini menyasar agro industri untuk usaha kecil dan menengah dengan mengandalkan modal ventura.

“PT. Palapa Nusantara Berdikari adalah lembaga yang memberikan modal kepada usaha yang dipandang (memiliki prospek) besar, tidak melihat seberapa besar jaminan yang dipunya tapi melihat ide bagaimana UKM membuat proyeksi dan ulet untuk mengembangkan sebuah usaha,” jelasnya.

Selama 2014, PT. Palapa Nusantara Berdikari telah menyalurkan dana UKM sebesar Rp6 miliar. Porsinya dari beberapa provinsi di Indonesia, Provinsi Jawa Barat memiliki UKM yang cukup giat memanfaatkan permodalan ini.

Untuk skala lokal Bangka Belitung yang mengundang peserta pemberdayaan usaha yang didominasi dari industri kerajinan dan makanan ringan khas daerah. Menurut Ikhwan, produk yang ditawarkan harus memiliki ciri khas. Lanjutnya keberadaan letak geografis Bangka Belitung yang berdekatan dengan Jakarta dan Singapore juga menjadi peluang tersendiri mengingat kedua tempat ini memiliki daya beli tinggi

“Prosesnya, PT. Palapa Nusantara Berdikari mengirimkan proposal ke Kadin pusat kemudian akan diseleksi usaha-usaha kecil potensial di wilayah Babel dengan standard-standar tertentu. Selanjutnya usahawan tersebut akan mendapatkan bantuan modal dan pendampingan dari KADIN lokal guna mengembangkan bisnis yang telah dirintis hingga layak mendapatkan pinjaman dari perbankan (bankable) dan berkualifikasi ekspor,” tutupnya. (Pros.Adv/dhi)

The post PT. Palapa Nusantara Berdikari Modali UKM appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment