Polwan Bermoge Siap Kejar Pelanggar


Pangkalpinang (koranbabel.com) – Keahlian mengendari motor gede (Moge) kini dimiliki 6 anggota Polisi Wanita (Polwan) di Direktorat Lalu-Lintas (Dit-Lantas) Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Keahlian mengendarai moge inipun  sudah teruji, Rabu (7/10) sebanyak 31 satu pengendara yang melanggar lalau lintas berhasil ditindak stelah terjadi kejar-kejaran di jalan raya.

Keterampilan para Polwa mengendari moge tidak diragukan. Selama dua bulan mereka digembleng keterampilan mengendari moge.

“Sebelumnya kita latih enam personil Polwan agar bisa memahami dan mengendarai moge dengan baik terutama dalam mengendalikan kendaraan saat kecepatan tinggi. Hasilnya kita terapkan dalam penindakkan pelanggar lantas, kini sudah 31 pelanggar langsung ditilang oleh Polwan yang sempat kejar-kejaran karena mereka ngebut dijalanan tanpa helm,” ujar Direktur (Dir) Lantas Polda Babel, Kombes Pol Agus Suryonugroho, Rabu (7/10).

Dit Lantas Polda Babel memiliki  6 Polwan yang dibekali keahlian safety reading. Para Polwan ini mengendari  6 unit moge, yakni 2 unit merek Harley Davidson berkekuatan 1.500cc dan lainnya berkapasitas 900cc secara bergantian.

Agus mengingatkan pengendara agar memperhatikan perlengkapan berkendara. seperti mengenakan helm juga menambahkan alat pelindung diri berupa jaket, masker, sarung tangan dan sepatu. Pengendara untuk tidak lupa  menyertakan surat-surat kendaraan bermotor seperti Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Pengendara atau pemilik kendaraan yang disanksi tilang pun diminta mengurusi secara prosedural dengan wajib menjalani proses persidangan tilang guna mengambil kembali kendaraan atau surat kelengkapan berkendara yang diamankan petugas.

Salah satu Polwan Brmoge adalah Bripda Pratiwi (21. Alumni SMAN1 Sungailiatini  mengaku bangga bisa menunggangi (moge) sebagai kendaraan dinas patroli.  Apalagi pertamakalinya Ditlantas Polda Babel mempercayakan moge dipegang oleh Polwan.

“Bangga bang bisa membawa  Harley Davidson, apalagi kami Polwan pertama yang dipercaya mengendarai moge Ditlantas Polda Babel,” ujarnya. (jar)

The post Polwan Bermoge Siap Kejar Pelanggar appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment