Pemkab Beltim Peringati Hari Kesaktian Pancasila


Manggar (koranbabel.com) — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur (Beltim) menggelar upacara dalam rangka peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2015, Rabu (1/10) dengan tema Kerja Keras dan Gotong Royong Melaksanakan Pancasila.

Penjabat (Pj) Bupati Beltim, HM Hardi menjadi Inspektur dalam upacara yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Beltim Komplek Perkantoran Terpadu Manggarawan Manggar.

Upacara gabungan antara Pemkab Beltim dan Polres Beltim ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Beltim Tom Haryono Harun, Kapolres Beltim AKBP Nugrah Trihadi, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda), pimpinan SKPD di lingkup Pemkab Beltim serta perwira Polres Beltim. Para peserta upacara terdiri dari pegawai Pemkab Beltim, anggota Polres Beltim, Koramil Manggar, Satpol PP Beltim, serta perwakilian pelajar di tingkat SLTA dan SMP.

Dalam upacara yang berlangsung selama 30 menit ini Pj Bupati hanya membacakan teks Pancasila. Namun pada akhir upacara puncak peringatan Hari Kesaktian Pancasila tingkat Kabupaten Beltim ini ditutup dengan pembacaan Ikrar Kesetiaan pada Pancasila. Ikrar ini merupakan pernyataan Bangsa Indonesia untuk mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Naskah Ikrar ditandatangani oleh Ketua DPR RI, Setya Noviyanto dan dibacakan oleh Ketua DPRD Beltim Tom Haryono Harun.

Ditemui seusai upacara, Pj Bupati Beltim memaknai Pancasila sebagai pemersatu bangsa, pedoman bermasyarakat, dan motivasi sakral.

“Makna Pancasila bagi kita semua, adalah sebagai pemersatu bagi seluruh Bangsa Indonesia. Sebagai pedoman kehidupan kita bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dan juga motivasi sakral bagi kita yang mengisi serta melanjutkan pembangunan ini,” kata Hardi.

Hardi mengatakan Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan harga mati.

“NKRI dan pancasila harga mati. Produk leluhur yang menginisiasikan supaya kita hidup rukun dengan berbagai agama, suku dan ras. Percaya kepada Allah, Tuhan yang maha esa. Sebagai wujud nasionalisme yang mengidolakan suatu pedoman yang sakral,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Beltim menyatakan Pancasila merupakan salah satu pilar penopang keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ia mengkritisi jika di kalangan generasi muda banyak yang kurang paham dan tidak mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

“Pancasila salah satu empat pilar kebangsaan dan itu sudah jelas sebagai way of life. Kita mesti terus mensosialisasikan makna kepada generasi muda. Kelihatannya semakin hari kesadaran mereka memaknai dan mengamalkan Pancasila mulai berkurang, ” kata Tom.

Dalam peringatan Hari Pancasila ini Tom juga menilai jika banyak yang salah tafsir dan rancu dalam memaknai Pancasila. Menurutnya, Demokrasi Pancasila yang dianut bangsa ini sudah kebablasan menjadi demokrasi liberal.(*/rel)

The post Pemkab Beltim Peringati Hari Kesaktian Pancasila appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment