Lagi, Ditemukan Pemilih Ganda di Perbatasan Basel dan Bateng


Toboali (koranbabel.com) — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan kembali menemukan data pemilih ganda di wilayah perbatasan antara Bangka Selatan (Basel) dan Bangka Tengah (Bateng), “Kami kembali menemukan satu orang pemilih ganda di Desa Tepus,” ungkap Komisioner KPU Basel, divisi umum, rumah tangga, organisasi, pengembangan SDM dan data informasi, Lutpi, Senin (5/10).

Disampaikannya, pihaknya menemukan pemilih ganda tersebut, saat  KPU melakukan penelusuran laporan Panwaslu Basel bahwa ada 7 orang di desa setempat terdaftar menjadi pemilih di dua wilayah Basel dan Bateng pada saat rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT),  Jumat (2/10).

“Saat kita telusuri ke lapangan bersama Panwaslu, ternyata kita temukan lagi  satu orang pemilih ganda, dimana bersangkutan terdaftar menjadi pemilih di Bangka Selatan dan juga terdaftar di Bangka Tengah,” tuturnya.

Menindak lanjuti persoalan pemilih ganda tersebut, baik yang dilaporkan Panwaslu dan pemlih ganda temuan KPU, pihaknya mengaku sudah mencoret nama tersebut dari pemilih Bangka Selatan. Menurut KPU, pihaknya mencoret nama tersebut, lantas bersangkutan memilih menjadi pemilih Bangka Tengah.

“Saat kita wawancarai dan mereka memilih ke Bangka Tengah, jadi KPU mencoret nama mereka dari pemilih Bangka Selatan. Nantinya kita buat surat tebusan ke KPU Bateng, Provinsi, dan juga KPU Pusat terkait pencoretan pemilih ganda tersebut,” tukasnya.

Untuk diketahui, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Bangka Selatan ditetapkan sebanyak 134.779 mata pilih. Jumlah DPT Basel mengalami pengurangan dari DPS sebanyak 1,765 pemilih dari total DPS 136.544. Kecamatan yang banyak mengalami pengurangan yakni, di Kecamatan Toboali sebanyak 838 pemilih dan Kecamatan Simpang Rimba sebanyak 717 pemilih. Sedangkan jumlah DPT laki-laki sebanyak 69.116 pemilih dan Perempuan sebanyak 65.663 pemilih. (ton)

The post Lagi, Ditemukan Pemilih Ganda di Perbatasan Basel dan Bateng appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment