Koperasi Syariah BTM Surya Sejahtera Resmi Berdiri


Pangkalpinang (koranbabel.com) — Berdasarkan petunjuk pimpinan pusat Muhammadiyah maka Koperasi Simpan Pinjam Syariah BTM Surya Sejahtera (Amal Usaha Muhammadiyah) resmi didirikan Senin (5/10) berlokasi di SD Muhammadiyah Jalan Balai Pangkalpinang. Koperasi ini sebagai satu-satunya koperasi di Bangka Belitung yang berkonsep Syariah.

Kepada KORAN BABEL, Penggagas dan pendiri koperasi syariah Warsongko yang ditemani Ketua BTM Surya Sejahtera, dan Marketing Koperasi Fery menjelaskan bahwa lembaga keuangan mikro ini dibentuk berlandaskan dengan sistem syariah (nilai-nilai kaidah Islam) yang didirikan dengan maksud membatasi kesenjangan antara golongan yang berpunya dengan golongan yang membutuhkan dan mengharapkan dapat memngembangkan roda ekonomi sosial masyarakat Bangka Belitung.

“Ini merupakan arahan atau instruksi dari pimpinan pusat agar di tingkat daerah,  Kabupaten bahkan Kota dapat berdiri koperasi syariah,” ungkapnya.

Beberapa produk Koperasi Simpan Pinjam Syariah BTM Surya Sejahtera seperti  pembiayaan Murabahah (akad jual beli barang), Pembiayaan Mudharabah (akad kerja sama Investasi Usaha), Pembiayaan Musyarakah (akad kerja sama modal usaha), Pembiayaan Ijarah Multi Jasa (Akad Sewa untuk berbagai kebutuhan), dan Pembiayaan Kebajikanm (Al-Qardh/ Qardhul Hasan).

“Contohnya Mudharabah pembiayaan patungan modal Rp50 juta sebulan untung Rp10 juta maka ada kesepakatan bagi hasil”, jelasnya.

Namun ia menjelaskan untuk dapat mengajukan pinjaman modal usaha, sebagai syarat dasar anggota harus aktif melaksanakan iuran pokok sebesar Rp. 50.000 dan iutan wajib sebesar Rp.20.000 minimal selama tiga bulan.

Bersama Ketua Koperasi, Basit Sucipto juga menerangkan bahwa syarat peminjaman bukan hanya tercatat sebagai anggota koperasi aktif namun peminjaman modal juga harus melewati serangkaian penilaian track record calon peminjam berupa penilaian karakter peminjam dan kemampuan mengembalikan pinjaman.

Pria yang juga aktif di organisasi perhimpunan usaha ini juga optimis bahwa dalam kurun waktu tiga bulan dapat meraih pencapaian target finansial sebesar Rp.500 juta dan 500 anggota dalam kurun waktu tiga bulan.

Terang saja, setidaknya terdapat ribuan anggota Muhammadiyah di Bangka Belitung sehingga target pencapaian ini utamanya akan merangkul anggota Muhammadiyah berikut dengan unit bisnis di TK, SMP, Panti Asuhan, dan lembaga lain yang berada di bawah naungan Muhammadiyah akan diwajibkan untuk menghimpun dana di Koperasi Simpanan Syariah BTM Surya Sejahtera.

“Ini murni gagasan dari Muhammadiyah dan berdiri secara mandiri. Kami juga terbuka untuk keanggotaan dari mana saja. Selanjutnya dana yang dikelola akan diperuntukkan untuk kesejahteraan anggota dan guru. Ini (koperasi syariah) merupakan jawaban atas kesulitan anggota dalam mendapatkan hal finansial yang tak dapat mengakses perbankan,” tuturnya.

Selain, membantu mengelola tabungan dan permodalan. Koperasi BTM Surya Sejahtera juga melayani pembelian sembilan bahan pokok (sembako), bila umumnya pembelian dilakukan secara cash namun koperasi memberikan sistem pembayaran sesuai tempo dengan syarat rajin menabung. (Pros.Adv/dhi)

The post Koperasi Syariah BTM Surya Sejahtera Resmi Berdiri appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment