Dispora Babel Gelar Pelatihan Organisasi Pelajar dan Mahasiswa


Pangkalpinang (koranbabel.com) — Dinas Pemuda dan Olahraga  Provinsi Bangka Belitung (Dispora Babel) menggelar Pelatihan Organisasi Pelajar dan Mahasiswa se-Provinsi Bangka Belitung di Hotel Grand  Vella, Pangkalan Baru.

Acara yang digelar selama dua hari mulai tanggal 1 hingga 3 Oktober 2015 ini diikuti 100 orang peserta utusan dari tujuh kabupaten/kota.

Sedangkan nara sumber acara berasal dari Kemenpora sebanyak dua orang, nara sumber daerah yakni Biro Organisasi Provinsi Bangka Belitung, Dispora Bangka Belitung Zuardi SH, entertainer dan Pemuda Pelopor Irham SE.

“Pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan para pengurus organisasi pelajar dan mahasiswa di Bangka Belitung dalam mengelola organisasi. Dengan manajemen yang baik, organisasi akan berjalan baik,” ujar Kabid Kepemudaan Dispora Babel, Zuardi.

Menurut Zuardi,  dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak mungkin bisa lepas yang namanya organisasi. karena memang kehidupan itu adalah wujud nyata dari segala jenis organisasi bentukan Tuhan, yang melibatkan setiap makhluk hidup di dalamnya.

“Namun kali ini saya mencoba menghadirkan dalam perspektif manusia, karena manusia yang cenderung melakukan dan menjadikan ini sebagai wadah interaksi sosial dan atau untuk mencapai tujuan yang sama,” tutur Zuardi ketika menyampaikan materi.

Menurut Zuardi, organisasi pada dasarnya merupakan tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terkendali, dengan memanfaatkan sumber daya (dana, material, lingkungan, metode, sarana, prasarana, data) dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan bersama.

“Selain artian diatas, masih banyak pengertian organisasi yang disampaikan beberapa pakar, antara lain  Drs. H Malayu S.P. Hasibuan mengartikan organisasi sebagai proses penentuan, pengelompokan, dan pengaturan bermacam-macam aktivitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan bersama. Stoner mengartikan suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang dibawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama,” tutur Zuardi.

 

Zuardi juga menjelaskan tujuan dari sebuah organisasi yang sangat mempengaruhi kinerja dari organisasi itu sendiri maupun untuk mencari massa atau anggota baru dalam pengembangan sebuah organisasi dan untuk menjaga kaderisasi anggota.

 

“Selain itu manfaat organisasi cukup banyak seperti tercapainya sebuah tujuan, melatih mental bicara di publik dan mudah memecahkan masalah,” kata Zuardi.

 

Sedangkan manfaat lainnya adalah melatih leadership, memperluas pergaulan, meningkatkan wawasan dan pengetahuan, membentuk karakteristik seseorang, kuat dalam menghadapi tekanan, mampu mengatur waktu dengan sangat baik serta sebagai ajang pembelajaran kerja yang sesungguhnya.(adv)

The post Dispora Babel Gelar Pelatihan Organisasi Pelajar dan Mahasiswa appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment