Gubernur Wacanakan Bangun Waduk di Basel


Toboali (koranbabel.com) — Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berencana akan membangun waduk di Kabupaten Bangka Selatan (Basel). Rencana tersebut seperti yang disampaikan Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Rustam Effendy saat acara temu tani se Kabupaten Basel di Kecamatan Simpang Rimba, Selasa (6/10), “Pak Gubernur menyampaikan rencana akan ada pembangunan waduk di kita (Basel-red),” ujar Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BPPKP) Basel, Muhson, Rabu (7/10).

Meski belum mendapat kejelasan kapan proyek ini akan dilaksanakan, namun setidaknya membutuhkan luas lahan lebih dari 400 hektare, “Disampaikan pak Gubernur waduk akan dibangun dengan luasan kurang lebih 400 hektar, tapi lokasinya dimana belum ada kejelasan dan kapan dibangun juga belum dipastikan,” tuturnya.

Disampaikan Muhson, kendala pertanian saat ini memang pada pengairan, dimana rata-rata areal persawahan di kabupaten setempat bergantung pada sistem tadah hujan. Hanya di desa Rias sebagian persawahan sudah memilki irigasi, namun tempat tampungan air belum maksimal, sehingga ketika musim panas tiba, tempat penampungan air mengalami kekeringan, “Tahun ini saja ada sekitar 400 hektare sawah yang gagal panen akibat musim kemarau dan mengalami kekeringan,” ungkapnya.

Kendala tersebut sudah disampaikan petani kepada pemerintah saat acara temu tani di Simpang Rimba, dimana dalam kesempatan itu dihadiri Gubernur, Ketua DPRD Basel, dan juga Bupati Bangka Selatan.

Menurut Muhson, Gubernur dan juga DPRD Babel merespon apa yang menjadi keluhan masyarakat petani, khususnya petani padi yang mengalami kendala pada pengairan yang masih bergantung pada sistem tadah hujan.

“Pak Gubernur sangat merespon keluhan petani tersebut dimana beliau minta langkah pertama segera normalisasi irigasi yang ada seperti di desa Rias, dan juga pembangunan irigasi. Ketua DPRD Babel juga mengatakan siap mendukung upaya pembangunan irigasi,” tukasnya. (ton)

The post Gubernur Wacanakan Bangun Waduk di Basel appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment