Gubernur Cari Solusi Persoalan Petani dan Nelayan Basel


Toboali (koranbabel.com) — Temu wicara antara petani dan nelayan dengan Gubernur diharapkan dapat mencarikan solusi-solusi atas persoalan-persoalan yang menghambat produktivitas para petani dan nelayan di Kabupaten Bangka Selatan.

“Para petani dan nelayan di Bangka Belitung harus segera ditingkatkan kesejahteraannya, masalah-masalah yang ada harus segera dicarikan solusinya,” hal tersebut diungkapkan Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung saat membuka acara Temu Lapang dan Temu Wicara kegiatan penyuluhan dan pendampingan petani dan agribisnis di Kantor Kecamatan Desa Simpang Rimba Bangka Selatan, Selasa (6/10/2015).

Rustam mengatakan untuk mengejar target swasembada pangan khususnya beras tahun 2015-2017 di Provinsi Bangka Belitung. Pemerintah daerah akan segera membentuk tim pembina upaya khusus (Upsus) baik ditingkat provinsi maupun Upsus di kabupaten sebagai upaya peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai (pajale).

“Koordinasi dengan kepala seksi teritorial Korem 045/Garuda Jaya TNI AD wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sangat membantu hal itu,” harapnya.

Disinggung juga oleh Rustam tentang peran TNI sangatlah penting untuk mendukung mempercepat program Upsus tersebut. Penyuluh diharapkan dapat bersinergis dengan TNI dalam memberikan bimbingan teknis kepada petani.

“TNI merupakan motivator untuk mendukung produktivitas petani,” ungkapnya.

Pertemuan petani, nelayan dengan pemerintah dihimbau oleh Gubernur pada hari ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Saya akan menerima setiap laporan, keluhan apa saja dari masyarakat dan akan saya upayakan untuk mencari solusi sebaik mungkin. Berkoordonasi dengan SKPD terkait dan Pemerintah daerah setempat agar petani dan nelayan di Bangka Selatan dapat mandiri dan sejahtera,” jelasnya.

Lebih lanjut Rustam mengingatkan kondisi kabut asap di Bangka Belitung yang semakin parah agar tidak diperburuk lagi oleh masyarakat.

Temu wicara dengan Gubernur diikuti oleh 550 petani dan nelayan dari delapan kecamatan di Kabupaen Bangka Selatan. Selain dapat berdialog langsung dengan orang nomor satu di Provinsi Bangka Belitung, masyarakat juga dapat menyampaikan keluhannya secara tertulis melalui SKPD terkait dan akan diinventarisir untuk dicarikan solusinya.

Tampak yang hadir dalam kegiatan ini Ketua DPRD Kepulauan Bangka Belitung, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bangka Selatan, Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan.

Hujan deras yang turun saat acara berlangsung  menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Bangka Selatan, lantaran beberapa bulan terakhir tidak turun hujan.(adv)

 

Sumber:  Dinas Kominfo

Penulis:  Fajrina Andini

Fotografer:  Suci Lestari

The post Gubernur Cari Solusi Persoalan Petani dan Nelayan Basel appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment