Sriwijaya Air Utamakan Keselamatan Penumpang


Pangkalpinang (koranbabel.com) — Menghadapi kabut asap yang sulit diprediksi, Maskapai Sriwijaya Air memfasilitasi voucher tiket sebagai bentuk refund (pengembalian tiket) kepada customer.

Kabut asap yang sempat mempengaruhi penerbangan pada 18 September dan 5 September 2015 lalu sempat mempengaruhi jadwal penerbangan, akibat keterbatasan jarak pandang.

Kondisi ini secara langsung berdampak pada ketepatan waktu pemberangkan pesawat meskipun pada akhirnya Sriwijaya Air tetap konsisten melakukan penerbangan pada hari yang sama. Berdasarkan pengalaman 5 September 2015, kabut asap kembali melanda Kota Pangkalpinang, setidaknya dari tujuh pesawat Sriwijaya Air terdapat tiga flight (penerbangan) yang diterbangkan pagi hari dan sisa empat fligt terpaksa diterbangkan pada malam hari hingga batas akhir pukul 12 malam.

“Dari kabut asap yang pertama, kabut kemarin (5 September 2015–red) lebih mudah diprediksi. Sudah sempat diprediksi akan membaik pada hari berikutnya, didukung juga dengan data dari BMKG. Sehingga bisa membaca trend semakin membaik atau memburuk,” terang Districk Manager Sriwijaya Air Pangkalpinang, Sherly Astura.

Sherly memastikan Sriwijaya Air lebih mementingkan keselamatan penumpang, sehingga saat tak dapat landing karena gangguan jarak pandang maka beberapa pengalaman pesawat yang tak dapat melakukan landing pada akhirnya kembali ke station semula.

“Selain rugi waktu, bahan bakar pesawat juga terbuang percuma karena gagal landing. Bagi customer yang sudah membeli tiket tapi gagal berangkat, perusahaan Sriwijaya Air mengeluarkan sistem pengembalian tiket contohnya sepeti customer yang delay berangkat hari ini karena gangguan cuaca, dapat mengalihkan tiket ke jadwal lainya kapan saja berlaku selama satu tahun dan bisa digunakan oleh siapa pun” jelas Sherly.

Namun, Sherly juga menuturkan penggantian tiket seperti ini juga beradaptasi pada harga tiket, semisal tiket yang pernah dibeli senilai Rp 500 ribu namun di masa mendatang harga tiket menjadi Rp 600 ribu maka customer pun diminta untuk menambahkan Rp 100 ribu untuk kekurangannya.

” Dilihat refund tiket tidak terlalu banyak sekitar tujuh hingga sepuluh persen dari total pack karena walau delay kita tetap melakukan penerbangan pada hari yang sama,” tukas Sherly.(dhi)

The post Sriwijaya Air Utamakan Keselamatan Penumpang appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment