Atasi Asap, Disbunhut Adakan 9 Motor Trail


Koba (koranbabel.com) — Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Disbunhut) Bangka Tengah (Bateng) menyatakan asap yang menyelimuti jalan raya hingga pemukiman penduduk di malam hingga pagi hari merupakan asap kiriman dari Kalimantan dan Sumatera Selatan.

“Dari data yang kita himpun berdasarkan sebaran hotspot, titik panas di Bateng terdapat dua titik. Saat ini keduanya di desa jelutung kecamatan namang, sebelumnya bulan kemarin terdapat dua titik hotspot di kecamatan Sungai Selan dan kecamatan Pangkalan Baru,” kata Kepala Disbunhut Bateng, Perriyanis kepada KORAN BABEL, Selasa (20/10).

Lanjut dia, asap yang ada saat ini lebih kepada asap kiriman, baik itu dari Sumatera Selatan terdapat di kecamatan Sungai Selan dan Simpang Katis. Lalu asap dari Kalimantan saat ini menyelimuti kecamatan Koba dan Lubuk Besar.

“Asap yang paling tebal kebanyakan terdapat di teluk, yakni sekitaran desa Penyak. Endapan asap tebal terjadi malam hingga pagi hari, asap tersebut menghilangkan sudut pandang,” katanya.

Menurut dia, kedua titik api itu tingkatannya tidak terlalu besar, karena yang terbakar hanya lahan kebun, “Dua titik sebaran hotspot tersebut juga tidak mempengaruhi udara sekitar. Karena itensitas asap tidak terlalu tinggi, sehingga jika ditiup anginpun langsung hilang,” ungkapnya.

Untuk meningkatkan kinerja pengawasan hutan di Bateng, Disbunhut menyiagakan personel bersama peralatan berupa 9 unit motor trail, “Kita akan tingkatkan fungsi pengawasan hutan di Bateng,” katanya.

9 unit motor trail itu merupakan pengadaan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN sebanyak 6 unit, kemudian sisanya 3 unit dari APBD Bateng, “Motor tersebut akan digunakan pengawas kehutanan se Bateng,” ungkapnya.

Mereka akan mengawasi semua aktifitas perambahan ataupun kebakaran hutan. Aktifitas apapun yang merusak di hutan akan kita lakukan pencegahan, “Masyarakatpun kami minta untuk segera melaporkan, kalau terjadi kebakaran hutan sehingga bisa segera ditindaklanjuti,” pungkasnya. (ron)

The post Atasi Asap, Disbunhut Adakan 9 Motor Trail appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment