Ancaman Kebakaran Masih Berpotensi Terjadi


Koba (koranbabel.com) — Akibat kemarau berkepanjangan saat ini, membuat sejumlah titik di kawasan Bangka Tengah (Bateng) masih berpotensi rawan terjadinya kebakaran. pihak Badan Penanggulangan Bencana (BPB) Kesbangpol Bateng, hingga kini masih terus menyiagakan tim dan mobil pemadam kebakaran (damkar) untuk menanggulangi dan memadamkan titik-titik api.

“Kendati di Kabupaten Bateng sudah tidak ada lagi titik-titik api besar yang memicu kebakaran besar, namun kami senantiasa mensiagakan unit damkar dan tenaga pemadam,” ujar Kepala BPB Kesbangpol Bateng, Kaharuddin kepada KORAN BABEL, Senin (19/10) kemarin.

Diungkapkannya, setelah beberapa waktu lalu kebakaran besar menghanguskan bangunan aset eks PT. Koba Tin dalam semalam dengan kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah dan puluhan hektar hutan lindung Koba. Minggu (18/10) malam kebakaran kembali terjadi di areal eks PT. Koba Tin, dibelakang stadion Koba, hutan lindung Koba di belakang pemukiman warga di Kampung Jawa, “Kami pun langsung meluncur ke 3 titik lokasi kebakaran tersebut, guna memadamkan api agar tidak sampai merembet ke pemukiman warga sekitar,” imbuhnya.

Berdasarkan pantuan di lapangan saat ini juga tidak ada lagi titik api baru, namun pihaknya akan terus menyusur titik-titik rawan kebakaran seperti di seputaran Koba, desa Penyak, Kurau, Belilik, Kemingking, Simpangkatis hingga Lubuk Besar, “Penyisiran di titik-titik lokasi rawan kebakaran dan pemadaman titik-titik api terus dilakukn, untuk lokasi yang tak terjangkau mobil damkar dilakukan dengan menggunakan mesin penyedot air jenis robin dengan memanfaatkan sumber air yang ada di kolong-kolong,” ungkapnya.

Kaharuddin mengimbau agar masyarakat tidak membakar sampah dan membakar lahan sembarangan serta tidak membuang puntung rokok sembarangan juga, karena berpotensi besar menyebabkan terjadinya kebakaran. “Kendati kebakaran yang telah terjadi di sejumlah lokasi Bateng hingga kini tidak sampai ada korban jiwa dan kerugian bersifat material, namun efek kebakaran menimbulkan kabut asap yang berdampak buruk bagi kesehatan,” tandasnya. (ron)

The post Ancaman Kebakaran Masih Berpotensi Terjadi appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment