TMMD ke-95 Tahun 2015 Resmi Dimulai


Pangkalpinang (koranbabel.com) — Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-95 tahun 2015 di seluruh Indonesia resmi dibuka pada Kamis (8/10), tak terkecuali di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), acara yang belangsung hidmat tesebut berlangsung sukses dengan dihadiri beberapa pemangku kepentingan di negri kaya timah ini.

Danlanal Babel, Kolonel (P) Hendra Kusuma yang bertindak sebagai inspektur upacara mengtakan, program TNI TMMD merupakan program listas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, Kementerian, Lembaga Pemerintah non Kementerian, dan Pemerintah Daerah setempat serta segelap lapisan masyarakat.

“Program TMMD yang kita laksanakan selama, sejalan dengan visi Pemerintah saat ini, yaitu ‘Terwujudnya Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian, Berlandaskan Gotong Royong’,” jelas Danlanal, kemarin.

Dikatakan Danlanal, dalam program TMMD ke-95 ini, TNI AD bekerjasama dengan Kemensos RI dan Pemda diseluruh tanah air melaksanakan kegiatan sasaran fisik dan non fisik, “Sasaran fisik antara lain penyuluhan-penyuluhan tentang perlindungan dan jaminan sosial bagi masyarakat miskin serta pembangunan manusia dan lingkungan melalui program Sanitasi Total Bebasis Masyarakat (STBM), serta ceramah wawasan kebangsaan,” paparnya.

Sementara, Dandim 0413/Bangka, Letkol (Inf) Utten Simbolon, menjelaskan, kegiatan TMMD di Babel tahun ini sengaja dilaksanakan di Kota Pangkalpinang, setelah dilakukan berbagai pertimbangan. Pertama kata dia, untuk mengatasi banjir jika musian hujan datang, kedua untuk mengeruk pendangkalan yang terjadi di alur Sungai Rangkui yang menjadi obyek vital kegiatan fisik TMMD kali ini. Selanjutnya tutur Dandim, untuk mengangkat ekonomi masyarakat di sekitar loksi, khususnya para nelayan.

“Alur sungai yang kita keruk sepanjang 2 km, lebar 30 meter dan 50 meter di tikungan, dengan kedaman 1,5 meter,” kata Dandim, kepada KORAN BABEL.

Walikota Pangkalpinang, Muhammad Irwansyah, menyebut kegiatan tersebut sangat membatu Pemkot untuk membuat Kota Pangkalpinang terbebas dari kesan kumuh. Apalagi Walikota termuda ini, sedang gencar-gencakan menggalakan Visit Pangkalpinang, sebagai salah satu tempat tujuan wisata baik turis lokal maupun mancanegara.

“Dalam kegiatan ini kita mengggarkannya melalui APBD sebesar Rp500 juta. Semoga kerjasama ini dapat membatu masyarakat Kota Pangkalpinang,” jelas Walikota.

Dalam acara pembukaan TMMD tersebut, hadir Wakapolda Babel Kombes Ricard ML Tobing, Danlanal Kolonel (P) Hendra Kusuma,  Dandim 0413/Bangka Letkol Inf Utten Simbolon, Kapolres Pangkalpinang AKBP Heru Budi Prasetyo, Kajari Pangkalpinang Samdin, serta beberapa pejabat di lingkup Provinsi Babel dan Kota Pangkalpinang.

Bertindak sebagai Inpektur uapacara Danlanal, Kolonel (P) Hendra Kusuma, Pemimpin upacara Danton Kompi B Sungailit, Letu (Inf) Sugino, Pewira upacara Cpl. Kapten Sudarmadi. Dalam upacara tersebut, digelar penyerahan perkakas yang digunakan untuk kegiatan TMMD. Kemudian usai upacara penyerahan bibit pohon, penandatangan serah terima proyek oleh Walikota dan Dandim, penyerahan bantuan sosial bagi masyarakat yang kurang mampu.

Usai serangkaian kegiatan tersebut, rombongan meninjau lokasi TMMD di alur Sungai Rangkui, namun sebelumnya telah lebih dulu digelar ganggung bersama di tempat upacara digelar. (to)

The post TMMD ke-95 Tahun 2015 Resmi Dimulai appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment