Tanpa Masyarakat, Polisi Tak Bisa Berbuat Banyak


Sungailiat (koranbabel.com) — Dalam rangka kembali mengaktifkan keberadaan Forum Kemitraan Perpolisian Masyarakat (FKPM) di Kabupaten Bangka, Polres Bangka, dalam hal ini Sat Binmas Polres Bangka mengelar pertemuan dengan seluruh pengurus FKPM se Kabupaten Bangka, Kamis (8/10).

Hadir pada acara tersebut, Kapolres Bangka AKBP Sekar Maulana SIK, Kasat Binmas, Iptu Dwi Purwaningsih, Ketua FKPM Bangka Belitung Romadi Hamid, Pengurus FKPM Bangka Ferdy Karinda, Husien Jaiz, para Kapolsek sejajaran Polres Bangka, para pengurus FKPM se Kabupaten Bangka serta anggota Babinkamtibmas di Jajaran Mapolres Bangka.

Kapolres Bangka AKBP Sekar Maulana SIK mengatakan, tujuan dilaksanakan pertemuan dengan para pengurus FKPM serta anggota Babinkamtibmas, dalam rangka memotivasi keberadaan FKPM untuk kembali aktif dan berperan untuk ikut serta mengajak masyarakat untuk peduli ikut serta menjaga kondisi kamtibmas di desa masing-masing.

“Untuk menjaga keamanan memang tugas polisi, kita menginginkan seluruh masyarakat bisa tidur dengan nyenyak dan biar polisi menjaga keamanan, tetapi karena jumlah personil terbatas, dengan wilayah cukup luas, untuk itu diminta kepedulian masyarakat, ikut serta menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing,” ujar Kapolres.

Kapolres mengatakan, tantangan kedepan yang akan dihadapi semakin berat, sekarang sudah terjadi pergeseran budaya, bahaya kejahatan semakin canggi, bahaya laten narkoba, hal tersebut karena tantang dan perubahan zaman.

“Terkait hal itu, polisi dituntut untuk lebih meningkat kemampuan untuk menangulangi hal tersebut, tanpa bantuan masyarakat kita tidak bisa berbuat banyak, untuk berperan serta menjaga ketertiban, keamanan di lingkunganya masing-masing,” ujar Kapolres.

Kapolres mengatakan, peran aktif FKPM, bersama Babinkamtibmas hendaknya bersama masyarakat untuk selalu memberikan pembinaan terkait kondisi kamtibmas dan segera menyelesaikan permasalahan di desa sehingga tidak sampai meluas menjadi kejadian yang lebih besar lagi, “Saya minta para Kapolsek, anggota Babinkamtibmas untuk aktif menjalin hubungan kemitraan dengan seluruh elemen masyarakat termasuk FKPM, dalam rangka mencitkan kondisi kondusif di desa,” harapnya.

Ketua FKPM Bangka Belitung Romadi Hamid, saat memberikan paparan saat pertemuaan tersebut mengatakan sesuai amanat salah satu pasal UUD 1945 menerangan, ke setiap warga negera dituntut ikut serta menjaga ketertiban dan keamanan, karena tugas menjaga keamanan tidak hanya juga kepolisian,” setiap orang butuh rasa aman, dan harus ikut dan berperan aktif menjaga keamanan, bukan hanya tugas polisi saja,” ujar Romadi Hamid.

Dikatakan Romadi, terbentuknya FKPM dalam rangka untuk kepentingan masyarakat dan desa, sehingga permasalahan yang terjadi dimasyarakat, dapat di masyawarahkan diselesaikan melalui wadah FKPM, yang elemenya merupakan tokoh agama, masyarakat, pemuda, pihak aparat kelurahan dan babinkamtibmas.

“Melalui kegiatan ini, kita ingin memberdayakan FKPM yang sudah terbentuk dan kemudian bersama Binmas Polres Bangka, polsek melakukan pembinaan sehingga keberadaan FKPM dapat berperan aktif di desa dalam rangka ikut menjaga ketertiban, keamanan di desa masing-masing,” ujarnya.

Usai acara tersebut Kapolres Bangka AKBP Sekar Maulana SIK juga memberikan papan white board kepada pengurus FKPM. (ian)

The post Tanpa Masyarakat, Polisi Tak Bisa Berbuat Banyak appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment