Timgab ‘Serbu’ Gunung Maras


Sungailiat (koranbabel.com)  — Meskipun upaya pemadaman api terus dilakukan, namun titik-titik api masih terdapat di sejumlah bagian Gunung Maras. Untuk itu, Tim Gabungan yang terdiri dari Polres Bangka, Polsek Riau Silip, Sat Pol PP Kabupaten Bangka, Tagana Bangka Belitung, Pemadam Kebakaran, PDAM Trita Bangka, Dinas Kesehatan, SPGDT Sepintu Sedulang, KNPI Bangka, Pihak Kecamatan Riau Silip dan masyarakat di kawasan Gunung Maras kembali melakukan pemadaman api, Selasa (29/9) kemarin.

“Hari ini, turunkan sebanyak enam puluh personil Polres Bangka, dibantu Sat Pol PP, Tagana dan lainnya, untuk melakukan pemadaman api di kawasan konservasi yang ada di  Gunung Maras,” ungkap Kapolres Bangka AKBP Sekar Maulana SIK kepada sejumlah wartawan di Mapolres Bangka, Selasa (29/9).

AKBP Sekar Maulana mengatakan, Polres Bangka dan anggota Polsek Riau Silip memang sejak beberapa hari lalu juga sudah terjun lansung ke kawasan Gunung Maras Riau Silip yang terbakar.

“Kita merasa terpanggil, dan ikut perihatin kebakaran yang terjadi di kawasan Gunung Maras yang merupakan kawasan konservasi alam, yang harus kita jaga sebaik mungkin,” kata AKBP Sekar Maulana.

Menurut AKBP Sekar Maulana, kondisi medan di sekitar kaki dan lereng Gunung  Maras yang mengalami kebakaran memang tidak memungkingkan bagi mobil damkar untuk mencapai titik api tersebut. Sehingga pemadamanpun harus dilakukan secara manual dengan membawa air ke atas bukti oleh personil Polres Bangka.

“Seluruh anggota kita yang turun dalam pemadam ini, diharuskan membawa sedikitnya dua liter air. Yang dibawa dari bawah dan digunakan untuk memadamkan api, sehingga tidak membakar ke areal atau bagian lainnya,” tutur AKBP Sekar Maulana.

Namun hingga kini pihak Polres Bangka maupun Polsek Riau Silip belum menetapkan tersangka dalam peristiwa kebakaran hutan Gunung Maras.

“Belum ada tersangka terkait kebakaran kawasan hutan Gunung Maras, kita masih lakukan penyelidikan terkait kebakaran apa karena pembukaan lahan dengan cara pembakaran atau ada penyebab lainya,” AKBP Sekar Maulana.

Namun dikatakan Kapolres Bangka saat ini pihaknya lebih mengutamakan pemadaman api agar tidak meluas ke areal lainnya.

“Nanti setelah api di sekitar kawasan gunung padam maka kita akan lakukan penyelidikan apa yang menjadi penyebab utama kebakaran tersebut, tapi sekarang kita mengupayakan agar api dapat padam dan tidak meluas,” tegas AKBP Sekar Maulana.

AKBP Sekar Maulana mengimbau kepada seluruh masyarakat yang akan melakukan pembukakaan ataupun perluasan lahan perkebunan hendaknya tidak dengan cara membakar lahan.(ian)

The post Timgab ‘Serbu’ Gunung Maras appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment