Korban Napza Direhabilitasi Sosial


Manggar (koranbabel.com) — Sebanyak 20 orang remaja korban penyalahgunaan narkoba, psikotrofika, dan zat adiktif lainnya (Napza) mengikuti Rahabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan Napza di Kabupaten Belitung Timur (Beltim).

Dengan didampingi oleh orangtuanya, para remaja yang mayoritas masih berada di bangku sekolah ini mendapatkan pembinaan, ceramah agama, dan pemeriksaan kesehatan.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) Dinas Kesejahteraan Sosial (Diskesos) Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung ini berlangsung di Aula Pertemuan Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsoskertrans) Kabupaten Beltim, Senin (28/9).

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Diskesos Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung, Effendi mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menyosialisasikan bahaya Napza pada anak-anak dan keluarga, dengan sasaran anak-anak mantan korban Napza, keluarga korban dan tokoh masyarakat.

“Para korban ini kita berikan rehabilitasi sosial, yakni mensosialisasikan kepada mereka tentang bahaya napza efeknya, pembinaan, ceramah, dan pemeriksaan medis. Kita lebih pendekatan sosial, mengenal lebih dekat anak-anak korban penyalahgunaan Napza ini,” kata Effendi.

Kegiatan yang berlangsung sehari ini merupakan tahap awal rehabilitasi. Effendi menyatakan di tahap selanjutnya akan memberikan pelatihan-pelatihan kepada korban penyalahgunaan Napza.

“Kegiatan UPSK ini baru awal kita di Beltim, nanti kita akan melakukan kegiatan berkelanjutan untuk rehab sosialnya.  Kita adakan pelatihan bagi mereka. Jadi bukan hanya bagi anak-anak tetapi juga yang korban dewasanya,” jelasnya.

Effendi yang didampingi Kepala Bidang Pelayanan, Rehabilitasi dan Bantuaan Sosial Dinsoskertrans Kabupaten Beltim, Syahril menambahkan dalam kegiatan ini anak-anak korban napza juga diperiksa medis dan kejiawaannya.

“Mereka kita periksa dan wawancara untuk mengetahui apakah mereka masih menggunakan Napza, apa yang mereka gunakan, sejauh mana ketergantungan, sudah lama berentinya, dan lain-lain,” tukasnya.(*/rel)

The post Korban Napza Direhabilitasi Sosial appeared first on KORAN BABEL.

baca selengkapnya http://ift.tt/1QIEDf5
Previous
Next Post »
Thanks for your comment