Babel Siapkan KUR Untuk 4.900 UMKM


Koba (koranbabel.com) — Kabupaten Bangka Tengah mulai melakukan pelatihan aplikasi pembuatan kartu KUR untuk UMKM, Selasa (29/9) di Novotel Pangkalpinang. Kepala Dinas UMKM dan Koperasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Hasanuddin mengatakan hingga saat ini terdapat tiga kabupaten yang telah memberi lampu hijau proses pembuatan kartu KUR yakni Belitung Timur, Belitung, dan Bangka Tengah. Pembuatan kartu KUR ini akan didampingi oleh camat di masing-masing daerah.

Hasanuddin pun menerangkan bahwa kartu KUR yang ditujukan kepada segmen industri usaha kecil dan menengah ini bertujuan untuk memberikan legalitas usaha dan proses permodalan terutama kredit usaha rakyat dengan tingkat bunga peminjaman sebesar 12 persen.

“Target kita sebanyak 4.900 usaha kecil di Bangka Belitung. Kita ingin mendorong akses permodalan dan izin usaha yang satu hari sudah keluar,” ungkapnya.

Program kartu KUR sebagai fasilitas UMKM merupakan keputusan Presiden pada pertengahan tahun, Hasunuddin menuturkan bagi beberapa kabupaten yang belum menjalankan proses pembuatan KUR ini akan segera disurati ulang oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Sementara hadir sebagai salah satu moderator, Rizal Kusman sebagai kepala bidang kelembagaan LPB pada Deputi pengembangan dan restrukturisasi usaha kementerian UMKM mengatakan setidaknya 519 juta dana yang akan dikucurkan untuk proses pembuatan kartu KUR dan bantuan pinjaman.

“Surat edaran Pergub pendelegasian kepada camat, Aplikasi diberikan kepada kabupaten kota yang sudah terbit pergub Bangka Tengah. Kecamatan siap sarana dan prasaran keterkaitan teknologi aplikasikan sesuai tercatat pada form. Camat kemudian melakukan verifikasi meninjau lapangan. Terkait pinjaman relatif sesuai kebutuhan, peran pendamping tidak terbatas pemberian izin. Kebanyak pelaku usaha pemula bayak mengalami kegagalan,” ujarnya. (dhi)

The post Babel Siapkan KUR Untuk 4.900 UMKM appeared first on KORAN BABEL.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment